PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK SD KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24442Keywords:
cooperative learning type jigsaw, students’ learning outcomesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap peningkatan hasil belajar peserra didik kelas V SD N Sembungharjo 01. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Pengambilan sampel menggunakan sampling purposive sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diawali dengan memberikan pretest sebelum sebelum perlakuan kemudian diberikan posttest setelah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas eksperimen dan hasil belajar matematika dengan pembelajaran konvensional pada kelas control.Downloads
References
Ulandari, L., & Fadila, L. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 3, 256–263.
Arrasyid, H., Wapa, A., Meikrista, D., Pratiw, D., Bakti, U., & Banyuwangi, I. (n.d.). Pengaruh model pembelajaran kooperstif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD gugus V Tegaldlimo. 1, 153–158.
Diza Jusriani, & Ibrohim Muchlis. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Mts Al Mustaqim Parepare. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 8(2), 1–29. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i2.278
Evitasari, A. D., & Setyani, W. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2), 483–491. https://doi.org/10.30738/tc.v4i2.8672
Gatini, N. N. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA. 3, 572–580. https://doi.org/10.5281/zenodo.7676176
Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Jariyah, A., & Efendi, N. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Candipari I. 08(September).
Kahar, M. S., Anwar, Z., Murpri, D. K., Matematika, P., & Sorong, U. M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR Abstrak PENDAHULUAN Pembelajaran merupakan proses interaksi antara siswa dengan guru pada suatu lingkungan belajar yang saling bertukar informasi . Keberhasilan suatu pe. 9(2), 279–295.
Magistra, J., & Mustiko, S. (2022). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SEKOLAH DASAR 13(2). https://doi.org/10.31942/mgs
MIKRAYANTI, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 33–39. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.355
Resmi, N. W. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 546–551. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.52106
Reynaldi Nomor, Jhon R. Wenas, & Aaltje S. Pangemanan. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(4), 50–58. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v2i4.746
Rustam, A., Niasari, T., Parisu, C. Z. L., Husain, I. A., Sisi, L., Keguruan, F., & Tenggara, U. S. (2023). META ANALISIS PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. 9(2), 102–110.
Wahyuni, & Rahmiati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1220–1229. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2941
Yudha, C. B. (2021). PENGARUH MODEL PAIKEM GEMBROT TERHADAP PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 2(April), 66–76.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.