PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD

Authors

  • Ani Oktavia PPG PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Rida Fironika Kusumadewi PPG PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Muhamad Afandi PPG PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24385

Keywords:

Teams Games and Tournament (TGT), Critical Thinking, Communication

Abstract

Peserta didik harus memiliki kemampuan abad 21 untuk menghadapi tantangan dan persaingan yang muncul dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu, proses pembelajaran harus dapat mengembangkan keterampilan 4C diantaranya keterampilan berfikir kritis dan komunikasi. Salah satu model pembelajaran berbantu media yang dianggap relevan pada penelitian ini yaitu Teams Games and Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Matematika kelas IV SD, (2)  menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) terhadap keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran Matematika kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan sampel dengan peserta didik kelas IVC sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan soal pretest-posttest. Uji hipotesis yang digunakan yaitu anacova. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa (1) penerapan model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran Matematika IV SD. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000, (2) penerapan model pembelajaran Teams Games and Tournament (TGT) berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi peserta didik pada pembelajaran Matematika IV SD. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, N. (2018). Pendidikan Nilai Nasionalisme dengan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(3): 752-762.

Aisyah, N. (2019). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1–11.

Amalia, A., Rini, C. P., dan Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas V dalam Pembelajaran IPA di SDN Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(1): 33-44.

Aprasto, A., Rahmatika, R. A., dan Solihat, R. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik dengan Metode Pembelajaran Field Trip pada Ekosistem Mangrove. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 15(2).

Astiti, D. N., Putu, L., Mahadewi, P., Suarjana, I. M., dan Kunci, K. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2): 193–203.

Atikah, H. J. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika. The Influence Of Cooperative Learning Model Teams Games Tournament Type To Mathematics Learning Result.

Girsang, Bahtiar, dkk. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik dengan Model Program for International Student Assesment (PISA) Konten Quantitiy pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied (NICoMSE): 172-80.

Handayani, T. (2011). Membangun komunikasi efektif untuk meningkatkan kualitas dalam proses belajar mengajar. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 273-302.

Ilhamdi, L. M., Novita, D., Rosyidah, A. N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 1(02): 49-57.

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbasis Kearifan Lokal Trikaya Parisudha Terhadap Pendidikan Karakter Gotong Royong Dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98-107.

Mahdalena, dan Daulay M. I. (2020). Pengembangan Pembelajaran Fisika Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Verbal Peserta didik SMA. Journal on Teacher Education, 2(1): 39-48.

Maulida, E. (2021). Keterampilan 4C dalam Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52-68.

Muliana & Nuraini. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Dan Alat Peraga. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 6(2), 41–46

Mursidah, S., Susilo, H., Corebima, A. D. (2019). Hubungan antara Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Berkomunikasi dengan Retensi Peserta didik dalam Pembelajaran Biologi melalui Strategi Pembelajaran Reading Practicing Questioning Summarizing and Sharing. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8): 1071.

Ningsih, E. R., Wahidin, dan Pradipta, T. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantu Maple Terhadap kemampuan Penalaran Matematis Peserta didik. Euclid, 8(1): 62-71.

Octaviani, T., Anwar, S., & Junaedi, Y. (2024). Pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Komunikasi, 2(11), 877-888.

Putri, E. N. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Tipe Point-Counterpoint dengan Pendekatan Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta didik SMP Negeri 3 Pekanbaru. Skripsi. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Rofi’ah, N. L., Suwono, H. dan Listyorini, D. (2016). Pengaruh Scientific Inquiry Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Peserta didik Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6): 1086-1089.

Sihombing, M. D. (2018). Efektivitas Penggunaan Model TGT Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Di SMP Negeri 4 Sibolga. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 60–64.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning (Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Sulisto, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Wijayanti, R., dan Peserta didiknto, J. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik SMA pada Materi Sumber-Sumber Energi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1): 109-13.

Zahrotin, S., dan Eka, K. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) Berbasis Literasi Matematis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 131–140.

Downloads

Published

2025-03-12