PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH PURIN KABUPATEN KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23274Keywords:
Kepala Sekolah, Supervisi, Implementasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Pudjiati, Sri. 2025. Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Purin Kabupaten Kendal. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan. Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Noor Miyono, M.Si., dan Pembimbing II: Qristin Violinda, S.Psi., MM, Ph.D. Tujuan umum penelitian ini adalah mengenalisa supervisi kepala sekolah dalam implementasi kebijakan kurikulum merdeka belajar di SD Muhammadiyah Purin Kabupaten Kendal. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada tahun pelajaran 2024/2025 pada bulan Juli 2024-Januari 2025. Tempat penelitian di SD Muhammadiyah Purin Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan model analisa interaktif yang dikembangkan Miles dan Huberman. Hasil penelitian: (1) Tahapan perencanaan : Program Supervisi kepala sekolah: (a) Kunjungan Kelas, (b) Kunjungan Observasi, (c) Pertemuan Individual, (d) Kunjungan Antar Kelas. Instrumen rencana pemantauan kegiatan supervisi: (a) Pedoman observasi, (b) Pedoman wawancara, (c) Daftar cek/kendali, (d) Instrumen monev supervisi. Rencana supervisi akademik: (a) Implementasi KTSP, (b) Persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, (c) Pencapaian standar kompetensi lulusan, (d) Pencapaian standar proses, (e) Pencapaian standar isi, (f) Pencapaian peraturan implementasi, (g) Peningkatan mutu pembelajaran. (2) Tahapan pelaksanaan Supervisi : Administrasi pembelajaran yang disupervisi meliputi: (a) Penyusunan program pembelajaran, seperti program tahunan, program semester, dan program mid semester, (b) Penyusunan kalender Pendidikan, (c) Penyusunan jadwal kegiatan belajar mengajar, (d) Perencanaan belajar mengajar, (e) Penyusunan silabus, (f) Penyusunan desain pembelajaran peserta didik, (g) Penentuan metode pembelajaran yang sesuai, (h) Penentuan media pembelajaran yang sesuai, (i) Penentuan teknik penilaian yang sesuai; (3) Tahapan Evaluasi dan Tindak Lanjut Supervisi : observasi penilaian proses pembelajaran: (a) silabus dan RPP guru, (b) mencatat semua kejadian yang terjadi selama proses pembelajaran, (c) memasukkan hasil pencatatan ke dalam lembar observasi, (d) mengamati proses pembelajaran secara menyeluruh, mulai dari tahap awal, inti, hingga penutup, (e) mengamati berbagai aspek yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, (f) memberikan tanda centang atau skor sesuai dengan aspek yang diamati; (4) Tahapan Pelaporan Supervisi. Dokumen supervisi akademik meliputi: Administrasi guru, Instrumen RPP, Dokumen pendukung, Analisis SK/KD, Silabus, RPP, Evaluasi, Pengayaan/Remidial. Dokumen pendukung supervisi akademik guru dapat berupa: Daftar hadir/absensi murid, Foto kegiatan belajar mengajar, Kalender pendidikan. Saran: sekolah perlu mengembangkan kebijakan internal yang mendorong keterlibatan lebih besar dari para guru dalam supervisi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum merdekaDownloads
References
Ainia, D. K. 2020. “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter”. Jurnal Filsafat Indonesia, 3 (3): 95-101.
Akbar, BP; Asrin, dan Syazali, M. 2023. “Pengelolaan Program Gerakan Literasi Di SDN 1 Bungtiang”. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9 (2): 591-600.
Akib, Haedar. 2016. “Implementasi Kebijakan Program Makassar Tidak Rantasa (MTR) Di Kota Makassar”. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 6(2): 21–34.
Anggito, & Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Aprima, D., & Sari, S. 2022. “Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD”. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1): 95–101.
Apriyanti, Helly. 2023. “Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka”. Journal Education Research and Development,7(1): 20-30.
Azam, U. 2021. Bimbingan dan Konseling Perkembangan di Sekolah dan Praktik. Yogyakarta: CV Budi Utama
Barlian, C. U. & S. Solekah. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. Jurnal of Education and Language Research, 1 (12): 2105-2118.
Cintiasih, Tiara. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III SD PTQ Annida Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Darman, Flavianus. 2018. UU RI No 20 Tahun 2003 tentang system Pendidikan nasional dan UU RI No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen,.Jakarta Selatan: Transmedia Pustaka.
Denise Miller, S. S. & E. T. 2023. “Decolonising the school curriculum: a special feature”. London Review of Education, 21(1).
Dewi Rahmadayanti, dan Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar” Pontianak: Jurnal Basicedu, 6(4) : 7178-7188.
Edwards, L. C., Bryant, A. S., Keegan, R. J., Morgan, K., & Jones, A. M. 2017. “Definitions, Foundations and Associations of Physical Literacy: A Systematic Review”. Journal Sports Medicine, 47(1): 113–126.
Effendi, Usman. 2018. Asas Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.
Ekawati, W., Siti Masitoh, & Mochamad Nursalim. 2023. “Kajian Filsafat Esensialisme Terhadap Pelaksanaan Supervisi Manajerial”. HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 40(1): 14–21.
Farhan, Ika. 2022. Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka; Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Di Kelas. Bogor: Linda Bestari.
Febrina, D.I. 2018. “Studi Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Geografi Berdasarkan Standar Proses Di Sma Negeri 7 Padang”. Jurnal Buana, 2(1) 338-347.
Hasmiati, H., Fawzani, N., & Muhlis, W. 2024. “Implementasi Kurikulum Merdeka UNTUK Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2): 348-360.
Helisa, Aminuyati, & Wiyono, H. 2020. Analisis Penggunaan Buku Teks Pada Pembelajaran IPS Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Khatulistiwa, 9 (9) : 1-8.
Hidayat, Ahmad Wahyu. 2018. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di SDN Demangan Yogyakarta. Jurnal Tarbiyatuna, 9 (2) : 1-10.
https://blog.kejarcita.id/peran-kepala-sekolah-dalamkeberlangsungan- kurikulum-merdeka/ diakses 1 Juli 2024.
https://kurikulum.kemdikbud.go.id/pengembangan-kurikulum diakses 6 Mei 2024.
Inayati, Ummi. 2022. Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21 Di SD/MI. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies 7 (2): 298-299.
Julaeha, S; Qiqi Yuliati Zaqiah & Supiana. 2023. Analisis Kebijakan Standar Isi di SMP Miftahul Khoer Boarding School Panjalu Ciamis. Journal of Islamic Education Studies,3(1): 1-10.
Khoirurrijal 2022. Pengembangan Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: CV. Literasi Nusantara Abadi
Komariah, A dan Triatna, C. 2015. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Komariyah, 2020. “Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang.” Thesis. Universitas PGRI Semarang.
Muslim, A. 2023. “Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar”. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1): 34–40.
Mustaji, & Arianto, F. 2020. “Student Attitudes to Online Learning in Universitas Negeri Surabaya”. Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities (IJCAH 2020): 255–258.
Nur Azmi Rohimajaya, Rudi Hartono, Issy Yuliasri & Sri Wuli Fitriati. 2022. “Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMA di Era Digital, Sebuah Analisis Konten”. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, : 828.
Nuraini, D., Anggraini, L., Misiyanto, & Mulia, K. R. 2022. Serba-Serbi Kurikulum Merdeka. Direktorat Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda”. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1): 17 -34.
Patilima, Sarlin. 2022. “Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1): 228–236.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 18 Tahun 2023 Tentang Standar Pembiayaan.
Pillawaty, S.S; Sri Nurul Firdaus, Uus Ruswandi, Syaefan Andan Syakuro. 2023. “Problematika Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka”, Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 606-612.
Pinar, W. F. 2012. What is curriculum theory? In What Is Curriculum Theory? https://doi.org/10.4324/9780203836033
Prasojo, Lantip Diat & Sudiyono. 2017. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Gava.
Priansa, Donni Juni dan Somad, Rismi. 2018. Manajemen. Supervisi dan. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pembukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi, hal. 24. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/tentang
Sakdiyah Dan Syahrani. 2022. “Pengembangan Standar Isi Dan Standar Proses Dalam Pendidikan Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah”. Jurnal Cross-Border, 5 (1): 622-632.
Salinan Lampiran II, Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162/M/2021 Tentang Program Sekolah Penggerak, Pedoman Pembelaajaran Pada Program Sekolah Penggerak.
Sari, Risda Amini & Mudjiran. 2020. “Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar” Jurnal Basicedu, 4 (4): 524–532.
SMM. 2023. 5 Aktivitas dan Media Pembelajaran Menyenangkan untuk Anak dengan Kurikulum Merdeka. https://www.sekolahmuridmerdeka.id/blog/index.php/5-aktivitas-dan-media-pembelajaran-menyenangkan-untuk-anak-dengan-kurikulum-merdeka/
SMP Negeri 1 Bulukumba. 2024. Peraturan Mendikbudristek No.12 Tahun 2024 tentang Kurikulum PAUD dan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. https://www.smpn1bulukumba.sch.id/ diakses 4 November 2024.
Sobarningsih, N; Hamdan Sugilar, dan Rikrik Nurdiansyah. 2019. “Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 67-84.
Solehudin,D; Tedi Priatna & Qiqi Yuliati Zaqiyah. 2022. “Konsep Implementasi Kurikulum Prototype”. Jurnal Basicedu, 6 (4): 7486-7495.
Somad. R. &, Priansa D. J. 2014. Manajemen supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah. Bandung: Alfabeta.
Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. 2021. “Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/Tema IPA”. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 1(1): 406-417.
Sudiana, N. 2019. “Implementasi tindak lanjut hasil supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran berbasis TIK melalui pembimbingan dengan shoping”. Journal of Education Action Research, 3 (4): 410-417.
Sudjhana, Nana dan Ibrahim. 2021. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Sulistyorini, Johan Andriesgo, Warda Indadihayati, Balthasar Watunglawar, Suradi, Mavianti, Aisyah Nuramini, Sri Wahyuningsih, Edi Purnomo, dan Roso Sugiyanto.2021. Supervisi Pendidikan. Bengkalis: Dotplus Publisher.
Susanti, H; Fadriati & Iman Asroa. B.S. 2023. “Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smp Negeri 5 Padang Panjang”. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 3 (1): 57-55.
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranamedia Group.
Suttrisno, Yulia, N. M., & Fithriyah, D. N. 2022. “Mengembangkan Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran di Era Merdeka Belajar”. Jurnal Zahra, 3(1): 52–60.
Taufik, M., & Isril. 2014. “Implementasi Peraturan Daerah Badan Permusyawaratan Desa”. Jurnal Kebijakan Publik, 4(2): 135–140.
Ulfa Dj. Nurkamiden, dan Herson Anwar. 2023. “Konsep Manajemen Pembiayaan Pendidikan Pada Lembaga Pendidikan Islam”. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11 (01): 54-64.
Ulinniam, H; 2021. Barlian, U. C., & Iriantara, Y. 2021. “Penerapan Kurikulum Revisi 2013 di Masa Pandem Pada SMK IBS Tathmainul Qullub Indramayu”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1): 118-126.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. 2022. “Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development”. Journal of Education, 8(1): 185-195.
Yanti dan Syahroni. S. 2021. “Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Nasional Pendidikan Indonesia”. Jurnal Of Education, 1 (1): 61- 68.
Zakso, Amrazi. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia”. J-PSH, Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13 (2): 916-922
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.