PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR LITERASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KEBUMEN KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Beta Amalia Zuliazani Universitas PGRI Semarang
  • Noor Miyono Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Endang Wuryandini Manajemen Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17823

Keywords:

Kepala sekolah, supervisi literasi, perencanaan, pelaksanaan, tindak lanjut

Abstract

Kemampuan literasi yang dimiliki oleh peserta didik memberikan dampak yang besar dalam mengolah informasi yang diperoleh melalui suatu teks bacaan. Peserta didik yang mempunyai kemampuan literasi, dapat memperoleh pengetahuan dan wawasan yang luas untuk meningkatkan kecerdasannya dengan mampu mengakses dan memahami suatu bacaan. Penelitian ini membahas tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap guru yang berfokus pada penguatan literasi peserta didik melalui pengelolaan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala sekolah dalam perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi literasi di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SDN 1 Kebumen Kabupaten Kendal. Pengumpulan data penelitian melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Temuan penelitian (1) perencanaan supervisi literasi dikatakan sudah bagus karena dimulai dengan penyusunan program supervisi melalui identifikasi masalah melalui data rapor pendidikan dan hasil supervisi sebelumnya, yaitu penurunan aspek kemampuan literasi sehingga program supervisi berfokus pada pembelajaran literasi. (2) pelaksanaan supervisi literasi pada pembelajaran berfokus pada strategi pembelajaran, penilaian dalam meningkatkan kemampuan literasi peserta didik dan pemanfaatan media multimoda. (3) tindak lanjut supervisi literasi berupa pembinaan serta pelatihan mandiri dan kedinasan terkait penguatan literasi dalam pembelajaran.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Jamilah. 2019. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru Mata Pelajaran pada SDN Roja 1 Ende”. Dinamika Sains. 3 (1).

Arikunto S. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmi, Ulil. 2022. “Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 7 (1).

Harahap, D.G.S., Fauziah Nasution & Eni Sumanti. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. 6 (2): 2090.

Isnaini, Muahmmad. 2019. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Seorang Supervisor dalam Pengawasan Kinerja Guru di Sekolah Dasar”. El-Tsaqafah. 18 (2).

Karimah, A. Nasywa Alfatikarahma & Afif Fauziah. 2024. “Studi Literatur: Peran Penting Literasi Membaca dalam Upaya Peningkatan Karakter Positif Siswa Sekolah Dasar”. IMEIJ. 5 (1): 624.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Rapor Pendidikan: Upaya Pemetaan dan Pemantik Refleksi Serta Pembenahan Kualitas Pendidikan. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id

Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2023. Rapor Pendidikan. Diakses dari Https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/

Kristiawan dkk. 2019. Supervisi Pendidikan. Bandung: AlfaBeta

Peraturan Menteri Pendidikan, Murdiyanto, Eko. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: UPN Veteran Yogyakarta Press.

Peraturan Dirjen GTK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 0340/2022 tentang kompetensi literasi dan numerasi guru Sekolah Dasar.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas

Rindiani, A., Asep S., Lisnawati. 2021. Pelaksanaan Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah di Madrasah Tsanawiyah di Jawa Barat. Perspektif. 35 (1): 91.

Rusandi & Muhammad Rusli. 2021. Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. 2745-7796.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>