PENGARUH MOTIVASI KERJA, IKLIM ORGANISASI, DAN PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI GURU SD NEGERI DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA

Authors

  • Kalis Haryanto Manajemen Pendidikan, UPGRIS, Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Murniati Manajemen Pendidikan, UPGRIS, Semarang
  • Widya Kusumaningsih Manajemen Pendidikan, UPGRIS, Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21271

Keywords:

Motivasi Kerja, Iklim Organisasi, Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Guru SD.

Abstract

Urgensi masalah penelitian ini adalah belum optimalnya pengaruh motivasi kerja, iklim organisasi, dan peran kepala sekolah terhadap Kompetensi Guru, Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh motivasi kerja, iklim organisasi, dan peran kepala sekolah terhadap Kompetensi Guru SD Negeri di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Kerja, Iklim Organisasi dan Peran Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru SD Negeri di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Motivasi Kerja, Iklim organisasi dan Peran Kepala Sekolah secara simultan berpengaruh terhadap variabel Kompetensi Guru diperoleh lFhitung sebesar 44,889 dengan taraf signifikan 0.000.  lDengan lα = l0,05l sertal derajat kebebasanl (df) lv1 = 147l (n(lk-3)) makal di dapatl Ftabel 2,67. Hasil penghitungan diperoleh nilai lFhitung > lFtabel (44,889 > l2,67) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,005 maka H0 ditolak dan H4 diterima artinya Motivasi Kerja, Iklim organisasi dan Peran Kepala Sekolah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kompetensi Guru. Besarnya pengaruh dari ketiga variabel bebas adalah sebesar 47,4%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiono, S. (2021). Kompetensi Menjadikan Dirimu Tersenyum. ITS Tekno. Sains

Ahmad, S. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ardila E, Rebby dan Suryalena. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Karyawan (Studi Pada Karyawan Tjokro Hotel Pekanbaru). Jurnal Ilmu Administrasi 6 (2).

Ariani, P. 2016. The Effect of Work Motivation towards. Professional Competence of Public Primary School Teacher in. Gunungpati District Semarang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kunandar, 2017. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kunandar. (2017). Guru Profesional Implementasi kurikuum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Dukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Rajawali.

Kunandar. (2017). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Press.

Lussier. (2015). Leadership Theory, Application & Skill Development 4th Edition,. USA: Cengage Learning.

Maryani, Y., Entang, M., & Tukiran, M. (2021). The relationship between work motivation, work discipline and employee performance at the Regional Secretariat of Bogor City. International Journal of Social and Management Studies, 2(2), 1–16.

Novalita, R. (2019). Perbandingan pendidikan negara Belgia dengan negara Indonesia. Jurnal Spasial, 4(3), 75–84.

Octavia, S. A. (2019). Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Deepubllish.

Popoola, S. O., & Fagbola, O. O. (2023). Work motivation, job satisfaction, workfamily balance, and job commitment of library personnel in Universities in North-Central Nigeria. The Journal of Academic Librarianship, 49(4), 102741. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.acalib.2023.102741

Pratiwi, E. E., & Idawati, L. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Yang Melayani, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Kinerja Guru Sekolah Lentera Harapan Sangihe. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(1), 85–93

Priansa, D.J. (2017). Sosial Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media. Bandung: CV Pustaka Setia.

Putri, . . P. N. ., & Murniati, N. A. N. . (2022). Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Sambong Kabupaten Blora. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7963–7969. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9620

Rahmayanti, R., Haryati, T., Miyono, N., & Safitri, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kabupaten Pemalang. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 43–55. https://doi.org/10.21831/jump.v3i1.35791.

Steers, M. R. (2015). Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Suhartina. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di SMA Muhammadiyah 1 Banda Aceh Suhartina,. Serambi Konstruktivis, 4(3), 3645.

Sulastri, L. (2016). Sumber Daya Manusia Strategik. Bandung: La Goods Publishing.

Sultana, A. (2021). Impact Of Online Advertising And The Use Of Cosmetic Products: A Study On The Influence Of Online Advertisements And Change In The Purchasing Behaviour Of Women In Kerala. International Journal Of Communication And Society 3(2): 113. Tersedia di https://pubs2.ascee.org/index.php/ijcs/article/view/214 (Diakses pada 22 Mei 2023)

Sumarmi, Egar, Nurkolis. (2019). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SD Di UPTD Dikbud Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 8 Nomor 1 April 2019 // DOI: 10.26877/jmp.v8i1.5376

Wote, V.A. Y., & Patalatu, J. S. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 455–461. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21782

Yamin, M dan Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta : Gaung Persada Press.

Yasdianto, I., Marnisah, L., & Zamzam, F. (2020). Pengaruh Etos Kerja, Mptivasi, Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Departemen Asset & Office Management PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 6(1), 97-116. https://doi.org/10.36908/esha.v6i1.143

Yunus, S. (2018, Mei 2). Guru atau Kurikulum; Titik Urgen Kualitas Pendidikan Indonesia ? Diambil kembali dari kumparan.com: https://kumparan.com/syarif- yunus/guru-atau-kurikulum-titik-urgen- kualitas-pendidikan-indonesia/full.

Zamzam, Fakhry dan Tien Yustini. (2021). Iklim Organisasi Era Digital (Konseptian & Operasionalisasi). Yogyakarta: Grup Penerbitan CV. Budi Utama.

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>