PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SWASTA KECAMATAN BANYUMANIK KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23527Keywords:
Mutu Sekolah, Supervisi Akademik, Budaya Kerja, Disiplin GuruAbstract
Mutu sekolah melalui program pembangunan pendidikan menjadi diskusi yang panjang di antara para akademisi dan pemerintah daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik terhadap mutu sekolah, (2) untuk menganalisis pengaruh budaya kerja terhadap mutu sekolah, (3) untuk menganalisis pengaruh disiplin guru terhadap mutu sekolah, dan (4) untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik, budaya kerja dan disiplin guru secara bersama-sama terhadap mutu sekolah. Pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian 221 guru dan sampel penelitian 142 guru. Pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data dengan analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Supervisi akademik berpengaruh terhadap mutu sekolah sebesar 72,0%, dengan persamaan regresi Ŷ = 13.979 + 0,836X1 dengan nilai koeficient korelasi sebesar 0,720. 2) budaya kerja berpengaruh terhadap mutu sekolah sebesar 76,4%, dengan persamaan regresi Ŷ = 0,919 + 0,598X2 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,877. 3) disiplin guru terhadap mutu sekolah sebesar 77,3%, dengan persamaan Ŷ = 0,287 + 1,072X3. Kemudian nilai koefisien korelasi r adalah sebesar 0,773. 4) supervisi akademik, budaya kerja dan disiplin guru berpengaruh terhadap mutu sekolah sebesar 78,9%, dengan persamaan Ŷ = 1,951 + 0,249 X1 + 0,388 X2 + 0,707 X3. Kemudian nilai koefisien korelasi r adalah sebesar 0,888. Simpulan penelitian ini adalah supervisi akademik, budaya kerja dan disiplin guru berpengaruh terhadap mutu sekolah sebesar 78,9%.Downloads
References
Buku:
Agustini, F. (2019). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 1). UISU Press
Hadis, A dan Nurhayati. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, N. (2020). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Supardi. (2019). Kinerja Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Artikel in Press:
Rusneli, Sumadi, & Karwan, D. H. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kedisiplinan guru dan Konsep Diri Terhadap Kompetensi Profesional Guru. 1.
Jurnal:
Alfian, Eli, S dan Yusraini. (2019). Dampak Sertifikasi terhadap Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran: Studi Kasus di MAN Model Jambi. Media Akademika. Vol. 26, No. 2, April 2011. Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Bahri. (2019). "Supervisi Akademik dalam Peningkatan Mutu sekolah", Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol 20 No. 3.
Hamami, T dan Muhammad A., N. (2020). Budaya Sekolah. Volume 13 Nomor 2 Tahun 2020. P-ISSN: 1979-9357. E-ISSN: 2620-5858
Mariyam, Ngasbun, E dan Rasiman. (2025). “Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Boja Kabupaten Kendal”. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri.Volume 09 Nomor 02, Juni 2025.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.