PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN KALORAN KABUPATEN TEMANGGUNG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.20971Keywords:
Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional, Media Pembelajaran Mutu PendidikanAbstract
Laksitorini, Indriyati. 2024. Pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional dan Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap Mutu Pendidikan SD Negeri Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Semarang: Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I:, Dr. Titik Haryati, M.Si. Pembimbing II: Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd. Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan dengan Mutu Pendidikan SD di Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung yaitu berdasarkan Rapor Pendidikan Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung Tahun 2022 dari empat dimensi yang mencapai kategori Hijau (Baik) rata-rata baru pada tingkat 24,05%, kategori cukup 53,73%, dan kateogir kurang 22,2%. Hal ini berarti 75,95% masih berada kategori cukup dan kurang. Mutu Pendidikan ditingkatkan dengan berbagai strategi di antaranya dengan Supervisi Akademik, meningkatkan Kompetensi Profesional guru dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional guru dan Pemanfaatan Media Pembelajaran sekolah terhadap Mutu Pendidikan sekolah dasar negeri di Kecamatan Kaloran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung berjumlah 209 guru dan sampel penelitian 138 guru. Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda, uji F (ANOVA) dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Supervisi Akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Mutu Pendidikan, berdasar hasil Uji t, terbukti t hitung 7,966 > t tabel 1,977, dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, besarnya pengaruh 31,5%; (2) Kompetensi Profesional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Mutu Pendidikan, berdasarkan hasil uji t terbukti thitung l yaitu 7,405 ≥ 1,977, dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, besarnya pengaruh adalah 28,9%, (3) Pemanfaatan Media Pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Mutu Pendidikan. Hal ini berdasarkan hasil uji t terbukti thitung ≥ ttabel 6,341 ≥ 1,977, dan nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran terhadap variabel Mutu Pendidikan adalah 22,9%, (4) Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional dan Pemanfaatan Media Pembelajaran secara simultan berpengaruh terhadap variabel Mutu Pendidikan diperoleh lFhitung sebesar 46,799 dengan taraf signifikan 0.000. Hasil penghitungan diperoleh nilai lFhitung > lFtabel (46,799 > l2,67) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,005. Besarnya sumbagan efektif dari ketiga variabel bebas adalah sebesar 50,3%.Downloads
References
Agustina, M, Rohim,R; Hendrawati,T; Suheti; Mahdi,A; Refaudin,A; Umalihayati. “Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”. 2023. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi. 6 (2):1393-1399.
Alma, B. 2019. Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Amri, S; Jauhari, A. dan Elisah, T. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Arcaro, J.S. 2016. Pendidikan Berbasisis Mutu Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. 2018. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2018.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajagrafindo Persada.
Atmodiwirio, S. 2020. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya
BAN. 2024. “Indikator Mutu Pendidikan dan Hasil Asesmen Nasional”. Bandung: BBPMP Provinsi Jawa Barat.
Bungin, B. 2018. Metodologi Penelitian Kauntitatif: Komunikasi, Ekonomi dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Danim, S, 2018. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Pawan, F. ., Gasong, D. ., & Tanduk, R. . 2024. Kompetensi Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 3(1), 196–203. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i1.1555
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan
Poerwadarminta, W.J.S. 2015. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT.Balai Pustaka.
Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga
Ratnasari, Y.T.. 2024. Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang “Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Era Revolusi Industri 4.0”: 235-239.
Rohani, A. 2017. Media intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Rusman. 2021. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali. Pers
Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahadjito. 2019. Media Pendidikan: pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Penerbit CV. Rajawali.
Sadiman, A.S. 2021. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sahertian, P.A. 2018. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi akademik dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Salim, P. dan Salim, Y. 2022. Kamus Besar Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modren English Press.
Salim, Peter dan Yenny Salim. 2022. Kamus Besar Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modren English Press.
Sallis, Edward. 2016. Total Quality Management in Education. Jogjakarta: Ircisod.
Santoso, J.T. 2022. “Pentingnya Supervisi Bagi Peningkatan Kualitas Guru”, Universitas STEKOM, 2022 https://stekom.ac.id/artikel/pentingnya-supervisi-bagi-peningkatan-kualitas-guru
Sarimaya, F. 2018. Sertifikasi Guru: Apa, Mengapa, dan Bagaimana?, Bandung: CV. Yrama Widya.
Sudrajat, A. 2015. “Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Sikap Belajar Siswa”. Skripsi. Bogor: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Pakuan.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suharso, P. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Bisnis. Jakarta: Permata Puri Media.
Sunaengsih, C. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Transdisciplinary Terhadap Karakter Siswa Pada Sekolah Dasar Internasional Berbasis International Baccalaureate. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 170–177.
Syukur, F. 2015. Sosilogi Pendidikan. Semarang: Rasail.
Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (Jakarta:Sinar Grafika, Cet. Ketiga 2010.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen .
Uno, H.B. 2020. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar. Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Wijanarko, S., & Purnomo, P. 2014. Numbered Head Together Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Joyful Learning Journal, 3(1), 24–30. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/5893/.
Yunus. 2016. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Lentara Pendidikan, 19(1), 112-128.
Yusuf, C.F. 2008. Budaya Sekolah Dan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pena Citasatria
Yusuf, M. 2018. Pengantar Ilmu Pendidikan. Palu: Lembaga Penerbit. Kampus IAIN Palopo.
Yusutria. 2017. Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38-46.
Zaini, M. F., Hidayat, R., Fadhli, M., & Pasaribu, M. H. 2020. Manajemen Mutu Pendidikan : Perspektif Al-Qur’an dan Tafsir. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1(1).
Zyuro, H.S.N.2020. “Analisis Masalah Kompetensi Pedagogik Guru Paud Tersertifikasi Di Kecamatan Lamongan”. Jurnal PAUD Teratai, 9(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.