PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SD NEGERI DI KECAMATAN TENGARAN KABUPATEN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23526Keywords:
kepemimpinan, kompetensi pedagogik, iklim sekolah, mutu pendidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan, (2) mengetahui besarnya pengaruh kompetensi pedagogik terhadap mutu pendidikan, (3) mengetahui besarnya pengaruh iklim sekolah guru terhadap mutu pendidikan, dan. (4) untuk mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan iklim sekolah guru secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini 213 guru dan sampel penelitian 168 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) korelasi kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sebesar 0,858. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel mutu pendidikan sebesar 73,7%. (2) Korelasi kompetensi pedagogik terhadap mutu pendidikan sebesar 0,970. Pengaruh kompetensi pedagogik secara parsial berpengaruh signifikan terhadap varibel mutu pendidikan sebesar 94,0%. (3) Korelasi iklim sekolah terhadap mutu pendidikan sebesar 0,679. Pengaruh Iklim Sekolah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap varibel mutu pendidikan sebesar 66,2%. (4) Pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah, kompetensi pedagogik dan iklim sekolah terhadap mutu pendidikan dengan persamaan Ŷ = 2,817 + 0,213 X1 + 1,614 X2 + 0,339 X3. Kemudian nilai koefisien korelasi r adalah sebesar 0,879. Hasil koefisien determinasi pengaruh variabel X1, X2 dan X3 terhadap Y adalah sebesar 95,7%.Downloads
References
Buku:
Daryanto & Rachmawati, T. (2021). Supervisi Pembelajaran Inspeksi Meliputi: Controlling, Correcting, Judging, Directing, Demonstration. Yogyakarta: Gava Media
Djamarah, S., B. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rine.a Cipta.
Muin, A. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Mutu Pendidikan. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi
Mutohar, M. (2020). Manajemen Kependidikan: Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Tulungagung: Akademia Pustaka
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Susilo. (2018) Perencanaan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Artikel in Press:
Irawati, E. (2021). “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah.” Proceeding: Islamic University of Kalimantan 1(1).
Perdirjen GTK No 7327 tentang model kompetensi kepala sekolah.
SK Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Assesmen Pendidikan Kemdikbudristek Nomor 018/H/M/2024
Jurnal:
Fiqri, U. L., & Werdiningsih, W. (2022). Peningkatan Mutu Sarana dan Prasarana Pendidikan di SDIT Qurrota A’yun Melalui Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator. Edumanagerial, 1(1).
Istikayani, A. (2024). “Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Kompetensi Profesional Guru dan Peran Komite terhadap Mutu Pendidikan”. Jurnal of Islamic Education and Management. 4(2).
Munfaida, Ghufron, A dan Sudana, I., M. (2024). “Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, dan Iklim Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora”. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.