STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN LITERASI BACA TULIS DI SMP NURUL ULUM DEMAK

Authors

  • Mohammad Ahsan Fahmi Pascasarjana Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
  • Endang Wuryandini Pascasarjana Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
  • Rosalina Br Ginting Pascasarjana Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23525

Keywords:

Strategi kepala sekolah, penguatan literasi

Abstract

Fokus penelitian ini adalah strategi kepala sekolah dalam penguatan literasi baca tulis siswa di SMP Nurul Ulum Demak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengenai (1) strategi kepala sekolah yang digunakan dalam penguatan literasi baca tulis (2) implementasi strategi kepala sekolah yang dilakukan dapat menguatkan literasi baca tulis (3) hambatan dan tantangan yang mempengaruhi strategi kepala sekolah dalam penguatan literasi baca tulis di SMP Nurul Ulum Demak. Metode penelitian ini adalah diskripsi kualikatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Uji keabsahan pada penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah melaksanakan strategi penguatan tata kelola dilaksanakan melalui: menganalisis kebutuhan berdasarkan pada karakteristik siswa, membuat jadwal khusus, pengalokasian anggaran, membentuk tim literasi, membuat program literasi, pengembangan dan penguatan literasi sekolah menjadi suatu gerakan, membangun lingkungan literat. Strategi pembelajaran dilaksanakan melalui: menerapkan literasi melalui pembelajaran, bahan ajar yang tepat dan efektif, siswa melakukan presentasi di depan kelas. Strategi pengoptimalan program dilaksanakan melalui: menerapkan literasi melalui pembiasaan, tahap pengembangan, dan tahap pembelajaran, mengimplementasikan budaya GLS kedalam bentuk program. Strategi sarana prasarana dilaksanakan melalui: melengkapi secara berkala sarana prasarana di sekolah, perluasan akses terhadap sumber bacaan bermutu, melakukan pemeliharaan sarana prasarana, mengoptimalkan pemanfaatan IT. Hambatan dan tantangan dalam pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam penguatan literasi baca tulis dapat di selesaikan dengan kolaborasi dengan stakeholder sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin Yunus, Mulyati T., Hana Y. 2018. Pembelajaran Literasi (Strategi Meningakatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca Dan Menulis). Jakarta: Bumi Aksara.

Ananda Rusydi. 2018. Profesi Pendidik serta Tenaga Kependidikan. Medan: LPPPI.

Andang. 2020. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Atmazaki, Nur B.V., Wien M., Miftahussururi, Nur H., M.N. Nento, Qori S.A. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Basri Hasan. 2014. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Pustaka Setia.

Burhan Bungin. 2021. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana

David, Fred R. dan David, Forest R. 2017. Strategic Management concepts and cases A Competitive Advantage Approach. Sixtennth Edition. England. Pearson Education Limited

Dharma Satria. 2016. Transformasi Surabaya Sebagai Kota Literasi. Surabaya: Unesa University Press.

Dewayani Sofie, Nita I., Meliyanti, Sotya M., Fellema J.P., Ratna N. 2022. Strategi Penguatan Literasi dalam Pembelajaran SD dan SMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan.

Dewayani Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas. Yogyakarta: Kanisius.

Faizah Dewi U., Susanti S., Lany A., Waluyo, Sofie D., Wien M., Dwi R.S. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan.

Kholis Nur. 2014. Manajemen Strategi Pendidikan (Formulasi, Implementsi dan Pengawasan). Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.

Miles, M. B., Huberman A. M., dan Saldana, J. 2014. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. 2016. Metodologi penelitian kualitatif (35th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muri Yusuf. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penenlitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Mustika B. 2021. Pengaruh Budaya Literasi Terhadap Critical Thingking dan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu. Tesis. Malang: Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Maula Malik Ibrahim Malang.

Nazarudin. 2020. Manajemen Strategik. Palembang: Amanah.

Priansa Donni Juni dan Rismi Somad. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta.

Rafel Dwi Apriliyanto. 2019. Strategi Kepala Sekolah dalam Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SD Muhammadiyah 15 Surabaya

Rapor Pendidikan SMP Swasta Nurul Ulum Demak Tahun 2024. Jakarta: Kemendikbudristek

Saryono Djoko, Gufran A.I., Liliana M., Qori S.A., N. Hanifah, M.N.N., Efgeni. 2017. Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sidiq Umar dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Soegeng Ysh dan Abdullah Ghufron, 2016. Landasan Pendidikan. Semarang: Upgris Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supiandi. 2016. Menumbuhkan Budaya Literasi Di Sekolah Dengan Program Kata, Bangka Belitung.

Yatminiwati Mimin. 2019 Manajemen Strategi. Lumajang: Widya Gama Press.

Zuchri Abdussamad. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Artikel in Press:

Fauzi dan Candy Pradana Satya. 2022. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Pada Siswa Di SMA Negeri 2 Pare”.

Jurnal Studi Al-Qur'an dan Tafsir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri https://etheses.iainkediri.ac.id/view/divisions/JPAI/2022.html

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah. 2019. “Model Pelaksanaan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, (online), Vol. 4, No. 11, (https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/12989/5934, diakses 17 November 2024).

Gusni Anisa. 2019. Sarana dan Prasarana Pendidikan. INA-Rxiv Papers, 1–3. https://osf.io/preprints/inarxiv/6k3q9/

Munazillah, A. F. 2017. Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Menuju Indonesia Emas 2045. Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) 1 2019, 21–25.

Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023 tentang Model Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: jdih.kemdikbud.go.id

Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2021 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah. 2021. Jakarta: jdih.kemdikbud.go.id

Rahardjo Mudjia. 2017. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Maulana Malik Ibrahim Malang: Universitas Islam Negeri. http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitian- kualitatif.pdf

Setyanta, Y. B. 2020. Literasi Sekolah: Tantangan dan Strategi Pelaksanaan. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 2(2), 105–118. https://doi.org/10.47239/jgdd.v1i2.30

Jurnal:

Arif, M., & Handayani, E. F. 2020. Budaya Literasi Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(September), 198–220. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/660

Hafizhotun Nur dan Ainur Rifqi. 2022. Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Sekolah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume 10 Nomor 02 Tahun 2022, 411-423

Indriyani V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S., 2019. “Literasi Baca Tulis dan Inovasi Kurikulum Bahasa”. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, (online), Vol. 5 No. 1, (https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842, diakses 15 November 2024):

Juliantoro Muhammad. 2017. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal al-Hikmah. Vol 5 Nomor 2. 24-38.

Junita Manurung dan Harlyn L Siagian. 2021. Membangun Brand Image sebagai Manajemen Daya Saing pada Lembaga Pendidikan” Inovatif, vol. 7, no. 2 September 2021. Halaman 173

Karnan, K., & Marimuthu, K. 2021. Gaya kepimpinan kolaboratif pengetua dan tahap kepuasan kerja guru sekolah menengah kebangsaan [Principal collaborative leadership style and level of job satisfaction of national secondary school teachers. Muallim Journal of Social Sciences and Humanities, 191-207

Kharizmi M. 2021. “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meninkatkan Kemampuan Literasi”. Jurnal Ragam, (online), Vol 2, No. 3, (http://journal.umuslim.ac.id/index.php/rg/article/view/917/699, diakses 12 Agustus 2024)

Muhammad Rijal, Mahfudh, & Imron, A. 2020. Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa di SMA Negeri 1 Kota Kediri. Indonesian Journal of IslamicEducation Studies (IJIES), 3(1), 16–30. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1138

Nurochmah, A., Sutisnawati, A., & Wardana, A. E. 2019. Pengelolaan Satuan Pendidikan dalam Rangka Mencetak Insan Generasi Muda yang Unggul di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 3(2), 73–80. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5356/3579

Ramadhini, S., Barsihanor, B., Arifin, M. F., & Hafiz, A. 2020. Upaya Menumbuhkan Minat Baca Siswa Melalui Budaya Literasi di Sdit Qurrata A’yun Kandangan. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 61. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.3599

Rohman Syaifur. 2017. Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol 4 No 1. http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i1.2118

Supriyanto Heru dan Samsi Haryanto. 2017. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Membaca”, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 5 No. 2: 72, diakses pada 17 November 2024, https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd/article/view/3376

Syafitri, Y. N. V., Rahman, Aprilia, & Pertiwi, N. 2020. Student Literacy through Picture Book Media: Nurturing a Culture in Elementary Schools. In International Conference on Elementary Education, 3(1), 18–23.

Trianggoro, I. R. W., & Koeswanti, H. D. 2021. “Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah (Gelis) Di Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 355. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40629

Widayoko Agus dan Muhardjito. 2018. “Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gerakan literasi sekolah) Dengan Pendekatan Goal-Based Evaluation,” Jurnal Tatsqif 16, no. 1: 78–92.

Yudiyanto, Hakim N., Carolina, H. S., Setiawan, T. A., Dewi, A. F., & Sari, T. M. 2019. “Rumah Baca Maja: Peningkatan Literasi Sains Remaja Desa Maja Kecamatan Marga Punduh, Pesawaran”. Jurnal Dedikasi: Pengabdian Masyarakat, (online), Vol. 1, No. 2, (https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1763, diakses 7 Agustus 2024)

Downloads

Published

2025-03-23

Most read articles by the same author(s)