STUDI LITERATUR : ANALISIS SWOT STRATEGI BRANDING KELAS OLIMPIADE UPT SMP NEGERI 1 GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22007Keywords:
Kata Kunci: analisis SWOT, strategi branding, kelas olimpiade, UPT SMP Negeri 1 GresikAbstract
Dalam era persaingan pendidikan yang semakin ketat, UPT SMP Negeri 1 Gresik menghadapi tantangan untuk mempertahankan daya tarik siswa baru, terutama setelah penerapan sistem zonasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi branding yang efektif dalam meningkatkan daya tarik kelas olimpiade di sekolah tersebut. Menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan analisis SWOT, penelitian ini mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh institusi. Hasil analisis menunjukkan bahwa reputasi akademik dan sumber daya manusia yang berkualitas merupakan kekuatan utama, sedangkan keterbatasan sumber daya menjadi kelemahan yang signifikan. Peluang seperti dukungan stakeholder dan tren pendidikan berbasis kompetisi dapat dimanfaatkan untuk memperkuat branding, sementara ancaman seperti persaingan dengan sekolah lain dan kebijakan pemerintah memerlukan strategi adaptif. Rekomendasi strategis meliputi penguatan brand image, inovasi program, kolaborasi dengan komunitas, dan optimasi digital marketing. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan daya tarik kelas olimpiade di UPT SMP Negeri 1 Gresik.Downloads
References
Nurnisya, F., & Ardiyanto, Y. (2023). Personal Branding dalam Meningkatkan Brand awareness Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3562-3569.
Devi, M., Suyatno, S., & Sukirman, S. (2022). School Branding Strategy In Facing The Impact Of Zoning System. International Journal of Educational Management and Innovation, 3(3), 288–304. https://doi.org/10.12928/ijemi.v3i3.6089
Mulyadi, M. (2020). Analisis Promosi Dan Branding Untuk Penguatan Eksistensi Kampung Wayang Kepuhsari, Manyaran. KUAT : Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.826
Irdiyanti, D. T., Haryono, H., Oktorina, N., & Awalya, A. (2023). Jurnal Internasional Ilmu Pengetahuan Lanjutan dan Terapan hambatan dan strategi branding sekolah. 10(12), 100–108.
Aisyi, G. R., & Zulkarnain, L. (2020). Swot Analysis In An Educational Institution (Case Study: Baitul Qur’an Islamic Boarding School, Depok). Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 85–101. https://doi.org/10.46899/jeps.v8i1.177
Wahyudi, T. N., & Nirawati, L. (2021). Strategi Branding Merek Casual Culture. Co Di Surabaya Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 275. https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10682
Pribadi, R. T., Aji, A. A., & Alfiyah, N. (2023). Strategi Branding Produk Keripik Tempe Dengan Fortifikasi Ekstrak Daun Kelor Di Home Industri Ud Hasil Alam. Jurnal Javanica, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.57203/javanica.v2i1.2023.44-50
Wahyunto, M., Hidayati, D., & Sukirman, S. (2024). Strategi branding Sekolah di era digital dalam meningkatkan animo masyarakat melalui pemanfaatan digital marketing. Academy of Education Journal, 15(2), 1260–1271. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i2.2419
Wowor Josephin (2022), Analisi SWOT sebagai Strategi dalam Peningkatan Daya Saing Lembaga PAUD di TK Permata Kasih Balikpapan,
Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 361. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373
Bagaskara, D. Y., & Rohmadi, R. (2024). Analisis SWOT potensi halal tourism di Indonesia dengan NVivo: Studi literature review. Journal of Economics Research and Policy Studies, 4(1), 1–15. https://doi.org/10.53088/jerps.v4i1.784
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.