PERAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DALAM MEWUJUDKAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA

Authors

  • Qoidatun Nisak Manajemen Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Nunuk Hariyati Manajemen Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Mochamad Nursalim Manajemen Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Manajemen Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23337

Keywords:

kepemimpinan pembelajaran, literasi, numerasi.

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi siswa terutama dalam era globalisasi karena kemampuan literasi dan numerasi dapat menunjang seseorang menjadi anggota masyarakat yang aktif, produktif dan bertanggung jawab. Hasil survei nasional maupun internasional memperlihatkan bahwa kemampuan literasi dan numerasi siswa di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi tidak lepas dari peran kepala sekolah sebagai pemimpin satuan pendidikan. Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu mendefinisikan misi sekolah yang mendukung tercapainya literasi dan nunerasi, mampu mengelola program pembelajaran dan menciptakan lingkungan yang kondusif menuju tercapainya kemamuan literasi dan numerasi bagi warga sekolah khususnya bagi siswa. Penelitian ini mengkaji peran kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa yang dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan multi-kasus di dua sekolah yaitu SMA Negeri 1 Gresik dan SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik sebagai sekolah yang meraih capaian tertinggi literasi dan numerasi berdasarkan hasil capaian rapor pendidikan tahun 2024 pada jenjang SMA se-kabupaten Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang berfokus pada pembelajaran, penyediaan lingkungan kondusif, dan pengelolaan program pembelajaran berkontribusi signifikan terhadap pencapaian literasi dan numerasi siswa. Artikel ini merekomendasikan penguatan kolaborasi antara kepala sekolah, guru, dan masyarakat untuk mewujudkan budaya belajar yang inklusif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, N. B. V., Budiana, I. M., Setiawan, Joko, B. S., Ulumuddin, M. I., & Julizar, K. (2019). Evaluasi program gerakan literasi sekolah (GLS). In RISTEK: Jurnal Riset, inovasi, dan Teknologi (Vol. 3, Issue 1).

Choi, S., & Richards, K. (2017). How Leadership Works. In Interdisciplinary Discourse. https://doi.org/10.1057/978-1-137-47040-9_8

Hallinger, P. (1983). Principal instructional management rating scale. Palo Alto: Stanford University Press.

JATIM.NU.OR.ID. (n.d.).

Miles, M. B., & A.M Huberman. (1984). Qualitative Data Analysis: A Source of New Methods. Beverly Hills, CA: Sage Publications.

Downloads

Published

2025-03-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>