A STRATEGI MANAJEMEN KELAS INKLUSIF DALAM ENDUKUNG CAPAIAN PRESTASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

STUDI MULTI SITUS DI SD MUHAMMADIYAH 1 BALONGPANGGANG DAN DI UPT SDN 120 GRESIK

Authors

  • Siti Zaenab Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan FIP Universias Negeri Surabaya
  • Masitoh Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan FIP Universias Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan FIP Universias Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan FIP Universias Negeri Surabaya
  • Nusalim Pasca Sarjana Manajemen Pendidikan FIP Universias Negeri Surabaya

Keywords:

Attitude, Education, Implementation, Curriculum, Program

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen kelas inklusif yang diterapkan di SD Muhammadiyah 1 Balongpanggang dan UPT SDN 120 Gresik dalam mendukung prestasi siswa berkebutuhan khusus (ABK). Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen kelas yang efektif, termasuk penyesuaian kurikulum, pengelolaan fisik kelas, dan dukungan sosial dari guru serta orang tua, memiliki peran penting dalam meningkatkan keterlibatan dan capaian prestasi siswa ABK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 tentang system pendidikan nasional

Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2020

PP Nomor 13 Tahun 2020, UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas

Dr. Winarno Hamiseno, Penerapan manajemen kela inklusif di sekolah dasar | ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 2024

Ni’matuzahroh, Yuni Nurhamida, INDIVIDU BERKEBUTUHAN KHUSUS & PENDIDIKAN INKLUSIF - - Google Buku, n.d.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)