A STRATEGI MANAJEMEN KELAS INKLUSIF DALAM ENDUKUNG CAPAIAN PRESTASI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)
STUDI MULTI SITUS DI SD MUHAMMADIYAH 1 BALONGPANGGANG DAN DI UPT SDN 120 GRESIK
Keywords:
Attitude, Education, Implementation, Curriculum, ProgramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi manajemen kelas inklusif yang diterapkan di SD Muhammadiyah 1 Balongpanggang dan UPT SDN 120 Gresik dalam mendukung prestasi siswa berkebutuhan khusus (ABK). Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi manajemen kelas yang efektif, termasuk penyesuaian kurikulum, pengelolaan fisik kelas, dan dukungan sosial dari guru serta orang tua, memiliki peran penting dalam meningkatkan keterlibatan dan capaian prestasi siswa ABK.Downloads
References
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 tentang system pendidikan nasional
Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2020
PP Nomor 13 Tahun 2020, UU Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas
Dr. Winarno Hamiseno, Penerapan manajemen kela inklusif di sekolah dasar | ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 2024
Ni’matuzahroh, Yuni Nurhamida, INDIVIDU BERKEBUTUHAN KHUSUS & PENDIDIKAN INKLUSIF - - Google Buku, n.d.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.