AUDIT PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH TK ABA 35 SONO OLEH PENGAWAS SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21867Keywords:
Accreditation, Preparation Audit, Early Childhood Education, TK ABA 35 Sono, Education QualityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses audit persiapan akreditasi di TK ABA 35 Sono, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam persiapan menghadapi akreditasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan akreditasi di TK ABA 35 Sono telah memenuhi standar yang ditetapkan, dengan semua persyaratan administrasi dan instrumen penilaian yang lengkap. Proses audit yang dilakukan oleh pengawas sekolah berperan penting dalam memastikan kesiapan lembaga dan memberikan panduan yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa audit persiapan akreditasi berkontribusi signifikan terhadap kesiapan lembaga dalam menghadapi akreditasi, serta merekomendasikan penguatan kapasitas guru dan staf, kolaborasi dengan pihak terkait, dan evaluasi berkala sebagai langkah perbaikan.Downloads
References
Buku :
Asiva Noor Rachmayani. (2015). Panduan Pelaksanaan Akreditasi Paud 2024. BAN PDM. Title. 6.
Artikel in Press :
Nur Kholis. (2022). Pendampingan Akreditasi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Way Bungur Dan Braja Harjosari. PEDULI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.51226/pdl.v2i1.467
Siti Aminah, & Reni Amiliya. (2021). Analisis Kesiapan dan Kesulitan Lembaga PAUD dalam Menghadapi Akreditasi Melalui Pendampingan Akreditasi BAN PAUD Di TK Islam Al-Madinah Kota Dumai. Al-Abyadh, 4(1), 1–3. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/237/153
Reja Aribowo (2024). Tahapan dan Proses Akreditasi Sekolah, Bengkulu. rri.co.id
Jurnal :
Wibowo, A., Prabawa, E., & Sugiarto, E. (2021). Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 12(2), 163–170.
Pokhrel, S. (2024). Pendampingan Manajemen Pengelolaan TK Aisyah Menuju Sukses Akreditasi 2024 . Αγαη, 15(1), 37–48.
Hafizh Rizqullah et al (2023). Peranan Audit Operasional Pada Unit Karya Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Zaid Bin Tsabit Kota Bogor. Tadbiruna, 2(2), 96–107. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.475
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.