AUDIT PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH TK ABA 35 SONO OLEH PENGAWAS SEKOLAH

Authors

  • Mar'atul Muslimah Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Dosen Manajemen Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya
  • Kaniati Amalia Dosen Manajemen Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.21867

Keywords:

Accreditation, Preparation Audit, Early Childhood Education, TK ABA 35 Sono, Education Quality

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses audit persiapan akreditasi di TK ABA 35 Sono, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam persiapan menghadapi akreditasi. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan akreditasi di TK ABA 35 Sono telah memenuhi standar yang ditetapkan, dengan semua persyaratan administrasi dan instrumen penilaian yang lengkap. Proses audit yang dilakukan oleh pengawas sekolah berperan penting dalam memastikan kesiapan lembaga dan memberikan panduan yang diperlukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa audit persiapan akreditasi berkontribusi signifikan terhadap kesiapan lembaga dalam menghadapi akreditasi, serta merekomendasikan penguatan kapasitas guru dan staf, kolaborasi dengan pihak terkait, dan evaluasi berkala sebagai langkah perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Asiva Noor Rachmayani. (2015). Panduan Pelaksanaan Akreditasi Paud 2024. BAN PDM. Title. 6.

Artikel in Press :

Nur Kholis. (2022). Pendampingan Akreditasi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Way Bungur Dan Braja Harjosari. PEDULI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.51226/pdl.v2i1.467

Siti Aminah, & Reni Amiliya. (2021). Analisis Kesiapan dan Kesulitan Lembaga PAUD dalam Menghadapi Akreditasi Melalui Pendampingan Akreditasi BAN PAUD Di TK Islam Al-Madinah Kota Dumai. Al-Abyadh, 4(1), 1–3. https://ojs.diniyah.ac.id/index.php/Al-Abyadh/article/view/237/153

Reja Aribowo (2024). Tahapan dan Proses Akreditasi Sekolah, Bengkulu. rri.co.id

Jurnal :

Wibowo, A., Prabawa, E., & Sugiarto, E. (2021). Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 12(2), 163–170.

Pokhrel, S. (2024). Pendampingan Manajemen Pengelolaan TK Aisyah Menuju Sukses Akreditasi 2024 . Αγαη, 15(1), 37–48.

Hafizh Rizqullah et al (2023). Peranan Audit Operasional Pada Unit Karya Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Zaid Bin Tsabit Kota Bogor. Tadbiruna, 2(2), 96–107. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.475

Downloads

Published

2025-03-30

Most read articles by the same author(s)