PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI UPT SPF SDI TAMAMAUNG IV

Authors

  • Fikriyah Washliyah Universitas Negeri Makassar
  • Pattaufi
  • Abdul Hakim

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21947

Keywords:

literasi, numerasi, Discovery Learning

Abstract

Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terkhusus pada kemampuan literasi numerasi siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di UPT SPF SDI Tamamaung IV. Diketahui bahwa kemampuan literasi numerasi dan keaktifkan siswa di kelas terkhusus pada mata pelajaran matematika masih sangat kurang. Salah satu penyebab utama yaitu penerapan model pembelajaran yang cenderung membuat siswa merasa bosan dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan Model Discovery Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa dengan membandingkan kelompok perlakuan dan non-perlakuan pada mata pelajaran matematika kelas V. Lokasi penelitian dilaksanakan di UPT SPF SDI Tamamaung IV. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi terdiri dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa. Tes terdiri dari Pre-test yang diberikan sebelum penerapan Model Discovery Learning dan Post-test yang diberikan setelah penerapan Model Discovery Learning. Dokumentasi sebagai data pendukung pada penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil Pre-test dan Post-test kelas perlakuan lebih tinggi dibandingkan kelas non-perlakuan setelah menerapkan Model Discovery Learning. Selain itu, hasil uji analisis menunjukkan nilai  thitung> ttabel. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Discovery Learning terhadap kemampuan literasi numerasi siswa pada mata pelajaran matematika kelas V di UPT SPF SDI Tamamaung IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atasoy, & Güçlü, N. (2020). Evaluation of Numeracy Skills of Adults According to the Results of PIAAC 2015 in Turkey. Journal of Education, 10(2), 27–49.

Dewi, N. S., & Dasari, D. (2023). Systematic literature review: kemampuan pembuktian matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 240-254.

Kemendikbud-Ristek. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. In KemendikbudRistek Direktorat Sekolah Dasar.

Kurniasih & Sani .2014 Strategi-Strategi Pembelajaran: Alfabeta Bandung, 66-67.

Rahayu, R., Kartono, K., Dwijanto, D., & Agoestanto, A. (2021). Pengembangan Disposisi Matematis melalui Konstruksi Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Realistik. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 062-069).

Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 2(1), 23-31.

Sari, R. K., Kusuma, N., Sampe, F., Putra, S., Fathonah, S., Ridzal, D. A., ... & Togatorop, M. (2023). Metodologi penelitian pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121-138.

Syam, C., Olendo, Y. O., & Putra, Z. A. W. (2023). Pemanfaatan Prosedur Stimulasi Bagi Guru Bahasa Indonesia. Academy of Education Journal, 14(2), 1318-1327.

Syaifullah, A. S. A., & Maulidiyah, N. (2024). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN INQUIRY LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI. Al-Manba Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 9(1), 57-65.

Widiastuti, B., & Nindiasari, H. (2022). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik intuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2526-2535.

Windisch, H. C. (2015), “Adults with low literacy and numeracy skills: A literature review on policy intervention”, OECD Education Working Papers, No. 123, OECD Publishing, Paris.

Downloads

Published

2024-12-31

Most read articles by the same author(s)