IMPLEMENTASI PERENCANAAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DI UPT SPF SD NEGERI TABARINGAN 5 KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23770Keywords:
P5 Sekolah Dasar; Implementasi perencanaan P5; Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana implementasi perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Kota Makassar. Metode yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan dalam implementasi P5 dimulai dari pembentukan tim pelaksana proyek oleh kepala sekolah yang terdiri dari guru kelas dengan kesiapan guru masih berada di kategori berkembang. Tema P5 yang di implementasikan terdiri dari dua tema yang akan dilaksanakan selama satu tahun diantaranya adalah kearifan lokal dan bangunlah jiwa raganya, penentuan tema sejalan dengan jumlah tema yang di tetapkan pada panduan pengembangan P5 pada kurikulum merdeka yakni jenjang sekolah dasar dua sampai tiga tema periode satu tahun. Pemetaan alokasi jam pelajaran serta penyusunan modul masih perlu di kembangkan. Pelaksanaan yang kurang maksimal tidak terlepas dari pemahaman guru yang masih minim terkait pelaksanaan P5. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan agar sekolah mewadahi fasilitas pelatihan khusus bagi guru untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan terkait P5, dan melakukan evaluasi serta monitoring secara berkala oleh tim pelaksana untuk memastikan kesesuaian antara rencana dan implementasi proyek. Diharapkan kedepan implementasi P5 di sekolah lebih maksimal sehingga implementasi P5 sejalan dengan perencanaan kurikulum operasional sekolah.Downloads
References
Alimuddin, J. (2023. Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnak Ikmiah Kontekstual, 4(2), 67-75.
Azraeny, R., Anas, A., Hasan, N. 2023. Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di Kota Sorong. Prosiding Seminar Nasional. (hal. 412-416). Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, 2024. Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebuidayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Irsyad, Yulia, F. (2023) Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) dalam kurikulum merdeka di smkn 1 batusangkar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research. 3(4), 5149-5157.
Nadhiroh, S., Anshori, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran pendidikan agama islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56-68.
Nasution, A. F., Ningsih, S., Silva, M. F., Suharti, L., Harahap, J. P. (2023). Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(3), 201-211.
Ningsih, E. P., Ika, F., Muhammad, A. R. (2023) Perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila sebagai implementasi kurikulum merdeka. Mualimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 55-71.
Rosyada, D., Murodi. (2020). Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Pendidikan. Kencana: Jakarta.
Sistem Informasi Kurikulum Nasional, 2024. Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pedidik dan Pembelajaran Berkualitas. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Wantiana, I., Mellisa. (2023). Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(3), 1461-1465.
Wicaksono, L., Galih, M. C. P. (2024) Analisis implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila (p5) “liam karsa” sd negeri bringin 01 kota semarang. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4480-4490.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.