PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SEDERHANA “KANTONG PERKALIAN” TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD INPRES BONTOMANAI MAKASSAR
Penelitian tindakan kelas
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.20853Keywords:
Keywords: multiplication bag, calculation ability, mathematicsAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang berakibat pada kemampuan perhitungan perkalian siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. Pembelajaran matematika kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar masih menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media pembelajaran. Maka dari itu perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar sebelum menggunakan media sederhana “Tas Perkalian”. 2). Untuk mengetahui bagaimana kemampuan berhitung siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar sesudah menggunakan media sederhana “Tas Perkalian”. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sederhana “Tas Perkalian” terhadap kemampuan berhitung siswa kelas IV matematika SD Inpres Bontomanai Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian yaitu pre-test and post-test one group design yang hanya menggunakan satu kelas eksperimen tanpa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest), angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, statistik inferensial yang terbagi atas: uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Kemampuan berhitung siswa meningkat setelah diberikan perlakuan menggunakan media sederhana “kantong perkalian”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media “kantong perkalian” terhadap kemampuan berhitung matematika siswa kelas IV SD Inpres Bontomanai Makassar.Downloads
References
Faiz, I.N., Nurhidayah,I., Sari, N.H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Papan Perkalian Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas 2 Sdn Taktakan 2. jurnal ilmiah wahana pendidika, 9(18), 349.
Bahtiar, R. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Papan Waktu Pada Pembelajaran Penghitungan Waktu Bagi Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 14–23.
Islamiyah, E.S., Qodariah,L. (2022). Alat Peraga Kantong Bilangan dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Nilai Tempat Bilangan. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 294-295.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.
Zuliani, R., Safitri, A., & Nur' Azizah, L.Y. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN MELALUI MEDIA PKP2 (PAPAN KANTONG PINTAR PERKALIAN) KELAS II SDN 3 SEPATAN. Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(5), 875-877.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.