ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PRAYA TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Winni Tria Junendra Universitas Mataram
  • Muhammad Turmuzi Universitas Mataram
  • Tabita Wahyu Triutami Universitas Mataram
  • Laila Hayati Universitas Mataram

Keywords:

Kemampuan berpikir kreatif, Gaya Belajar

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif adalah salah satu hal yang sangat penting bagi siswa, terutama dalam proses pembelajaran matematika. Gaya belajar siswa memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket gaya belajar, tes soal kemampuan berpikir kreatif matematis, dan pedoman wawancara. Subjek diambil dari setiap gaya belajar masing-masing 3 orang siswa untuk diwawancarai agar memperdalam data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik tidak ada yang memenuhi indikator kebaruan. Kemampuan berpikir kreatif siswa dengan gaya belajar visual berada pada kategori kreatif dengan indikator yang dipenuhi adalah kefasihan dan keluwesan. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar auditorial berada pada kategori cukup kreatif dengan indikator yang dipenuhi adalah kefasihan dan hanya beberapa yang memenuhi keluwesan. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik berada pada kategori kurang kreatif dengan indikator yang dipenuhi adalah kefasihan. Hal tersebut menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aspianasari, M., Hayati, L., Lu’luilmaknun, U., & Turmuzi, M. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Self- Regulated Learning. Journal of Classroom Action Research, 5(3), 25–34.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi Dua (2nd ed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baidowi, B., Amrullah, A., & Hikmah, N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 13 Mataram Tahun Ajaran 2017/2018 Melalui Lesson Study. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 1(1), 1–12.

Busnawir. (2018). Pengukuran Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

DePorter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Penerbit Kaifa.

Ermayani, Y., Prayitno, S., Hikmah, N., & Sripatmi, S. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1239–1244.

Firdausi, Y. N., Asikin, M., & Wuryanto. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 239–247.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Missouri Mathematics Project. Jurnal Formatif, 5(1), 14-25.

Musaidah, E., Purnomo, D., & Setyowati, R. D. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sayung Tahun 2019/2020. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(5), 382–390.

Muthaharah, Y. A. dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 63-75.

Ningsih, E. F., Sunardi, Ambarwati, A., Susanto, & Kurniati, A. (2021). Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Segiempat Ditinjau dari Gaya Belajar. Kadikma, 12(1), 34-41.

Ramdani, R. R., Sridana, N., Baidowi, B., & Hayati, L. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari tingkat self-confidance peserta didik kelas VIII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 212-223.

Rose, C. & Nicholl, M.J. (2022). Accelerated Learning for The 21st Century (alih bahasa oleh Dedi Ahimsa). Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.

Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1, 1–9.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeda.

Wahusna, Z., Sripatmi, Junaidi, & Kurniati, N. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Teorema Pythagoras Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Taliwang Tahun Pelajaran 2021/2022. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(4), 1002–1021.

Wanelly, W., & Fauzan, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Open-Ended dan Gaya Belajar Siswa terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Basicedu, 4(3), 523–533.

Widiastuti, Y., & Putri, R. I. I. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13-22.

Downloads

Published

2024-12-30

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>