PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA PERMAINAN KARTU UMBUL TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS I DI SD IT GENERASI MUSLIM CENDEKIA

Authors

  • Nisaunnasithah Universitas Mataram
  • Muhammad Turmuzi Universitas Mataram
  • Iva Nurmawanti Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13848

Keywords:

pembelajaran berbasis etnomatematika, permainan kartu umbul, kemampuan berhitung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika permainan kartu umbul terhadap kemampuan berhitung siswa kelas I di SD IT Generasi Muslim Cendekia. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang mencari pengaruh antara variabel x (pembelajaran berbasis etnomatematika permainan kartu umbul) terhadap variabel y (kemampuan berhitung). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen jenis Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I di SD IT Generasi Muslim Cendekia sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 28 dan kelas I di SD IT Geneasi Muslim Cendekia sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa  28. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal isian. Teknik analisis data diawali dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan Kolmogrov-Smirnov dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Selanjutnya uji homogenitas data dengan menggunakan uji levene test dan dilanjutkan dengan uji hipotesis data dengan menggunakan uji independent sample t tes. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,004 < 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika permainan kartu umbul terhadap kemampuan berhitung siswa kelas I di SD IT Generasi Muslim Cendekia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, S. (2023). Meningkatkan kemampuan berhitung melalui penggunaan media kantong bilangan siswa kelas IA MI Jam’iyyatul Khair (skripsi, UIN Syarif Hidayatullah). Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/73276

Astuti, A., W., Syafrudin, U., & Oktaria, R. (2023). Pengaruh penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 40-42. doi: https://doi.org?10.25299/ge:jpiaud.2023.vol6(1).10854

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika pada permainan dengklaq sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408-409. doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Heriawati, E. (2023). Permainan kartu umbul dalam meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan suku bangsa dan budaya Indonesia pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial bagi siswa kelas V SD Negeri I Cibabat Mandiri 1 Kota Cimahi. Jurnal Of Elementary Education, 6(2), 260-261. doi: https://doi.org/10.22460/collase.v6i2.17201

Husna, N. (2022). Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis etnomatematika dengan permainan engklek terhadap pemahaman matematis siswa pada materi geometri bangun datar segiempat (skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram). Diambil dari https://etheses.uinmataram.ac.id/3476/1/Nadia%20Husna_180103005

Karuniawati, F., & Mukhoiyaroh. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung 1-2- melalui penggunaan media corong berhitung pada siswa kelompok B1 taman kanak-kanak muslimat Wonocolo Surabaya. Journal Of Early Childhood Education And Development, 1(1), 2-4. doi: 10.15642/jeced.v1i1.500

Lestari, S. (2019). Pengembangan modul pembelajaran berbasis etnomatematika dalam tradisi Luwu (skripsi, Institut Agama Islam Negeri Palopo). Diambil dari https://repository.iainpalopo.ac.id/950/1/Sri%20Lestari

Mahmudah, D. (2022). Analisis pembelajaran berbasis etnomatematika materi operasi hitung pecahan di kelas V SD Negeri Kangkung 2 Mranggen Demak (skripsi, Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Diambil dari https://repository.unissula.ac.id/27160/

Nursinta. (2022). Pengembangan modul berbasis etnomatematika budaya Mbojo untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar pada materi bangun runag (skripsi, Universitas Muhammadiyah Mataram). Diambil dari https://repository.ummat.ac.id/5630/1/COVER-BAB%20III_NURSINTA_NIM%20118180039_PGSD_PERPUSTAKAAN.

Pratiwi, K., R., Nurmaina, M., & Aridho, F., F. (2022). Penerapan etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang sekolah dasar. Jurnal Imliah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(1), 99-105. doi: https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/3810

Rafiah, H., Agustina, R. L., Arifin, J., & kasmilawati, I. (2023). Pembelajaran berbasis etnomatematika di sekolah dasar melalui permainan. Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 14(2), 103-105. Diambil dari http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Rahman, M. (2022). Pengembangan modul pembelajaran berbasis etnomatematika dalam tradisi Madura materi perbandingan kelas VII (skripsi, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember). Diambil dari https://digilib.uinkhas.ac.id/13812/1/Miftahor%20Rahman_T20187027

Rahmayani, I. (2022). Implementasi etnomatematika berbasis budaya lokal dalam pembelajaran matematika pada jenjang sekolah dasar (skripsi, Universitas Islam Negeri Mataram). Diambil dari https://etheses.uinmataram.ac.id/3061/1/Isna%20Rahmayani%20180103040

Salsabila, A. (2023). Upaya meningkatkan kemampuan perkalian dengan menggunakan media stick pouch pada siswa kelas II MI Hidayatut Tholibin Jakarta Selatan (skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah). Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/72526/1/11190183000090_AFIFAH%20SALSABILA.

Supahmi, N. P. (2020). Etnomatematika permainan tradisional di kampoeng Batara Papring Kalipuro Banyuwangi (skripsi, Universitas PGRI Banyuwangi). Diambil dari https://repository.unibabwi.ac.id/id.eprint/546/

Surat, I. M. (2018). Peranan model pembelajaran berbasis etnomatematika sebagai inovasi pembelajaran dalam meningkatkan literasi matematika. Jurnal Emasains, VII(2), 146-148. doi: 10.528/zenodo.2548083

Turmuzi, M. (2022). Meta analisis: pengaruh pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar matematika siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1525-1534. doi: 10.22460/jpmi.v5i5.1525-1534

Yurda. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan kartu angka pada anak kelompok B di TK Dharmawanita Pasar Usang. jurnal On Teacher Education, 1(1), 80-82. Diambil dari https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/509

Downloads

Published

2024-05-26