PERANAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK KEMAJUAN LEMBAGA PENDIDIKAN STUDI KASUS SMK FILADELFIA PEMANGKAT

Authors

  • Mery Monalisa Universitas Tanjungpura
  • Marinu Waruwu Universitas Tanjungpura
  • Halida Universitas Tanjungpura
  • Eny Enawaty Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.19220

Keywords:

Educational Institutions, Basic Education, Academic Supervision

Abstract

This study aims to analyze the role of academic supervision in the progress of educational institutions in SMK Filadelfia Pemangkat. The focus is on improving teacher competence, strengthening school management, and education quality. The method used is a literature study by reviewing sources related to academic supervision. The results show that academic supervision is important to improve the quality of learning, support teachers' professional development, and increase student and parent satisfaction. The conclusion suggests that supervision should be conducted regularly and structured, with ongoing training for supervisors. Further research is recommended to explore the impact of supervision at other levels of education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeti, S., Handayani, A., & Rahmawati, D. (2023). PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN LITERASI SEKOLAH DI SDN KUBANGJATI 02 (PGMLS). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6010–6022.

Aprilia, N., Ramadhin, N., Wulandari, T., & Asbi, A. (2024). Self-Awareness and Self-Reflection on the Counselor’s Personal Development. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 2(2), 154–161.

Artina, N. (2021). Pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, kepercayaan dan fitur layanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan e-money di Kota Palembang. FORBISWIRA FORUM BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 11(1), 120–131. https://jurnal.mdp.ac.id/index.php/forbiswira/article/download/1408/422

Destaliani, C., Rosnaningsih, A., & Zuliani, R. (2018). POLA ASUH ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN SEKS KEPADA SISWA KELAS RENDAH:(PENELITIAN KUALITATIF DI SD NEGERI BATU CEPER 1 KOTA TANGERANG). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 182–195.

Faraz, N., Listyaningsih, B. T., & Anugrahana, A. (2024). HUMAN TENDENCIES PADA ANAK USIA 0-6 TAHUN DENGAN METODE MONTESSORI: STUDI LITERATUR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7896–7915.

Hamid, A., Wahidin, D., Mudrikah, A., & Kosasih, U. (2022). Manajemen Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4747–4753.

Husin, A., Witarsa, R., & Nurmalina, N. (2023). PENGARUH SERTIFIKASI GURU TERHADAP PROFESIONALISME DAN KINERJA GURU PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4089–4098.

Isbianti, P., & Andriani, D. E. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri di Klaten Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan, 3(1), 75–85.

Juniwan, J., Sabri, T., & Rosita, T. (2023). PROFIL SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR BINAAN DAERAH 3T KECAMATAN KETUNGAU HILIR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4518–4531.

Kartono, S. M. A. N., Viana, V. O., & Kolis, N. (2024). ANALISIS PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMP N 2 BOJA KENDAL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3744–3755.

khusni Amalia, S., & Ismaya, E. A. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK DI SD 2 BAE, KECAMATAN BAE, KABUPATEN KUDUS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5620–5630.

King, R., Taylor, B., Talpur, A., Jackson, C., Manley, K., Ashby, N., Tod, A., Ryan, T., Wood, E., & Senek, M. (2021). Factors that optimise the impact of continuing professional development in nursing: A rapid evidence review. Nurse education today, 98, 104652.

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13–18.

Lestari, K. L. (2023). ANALISIS PENTINGNYA MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH DASAR ISLAM. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1871–1886.

Marhadi, A., Anggraeni, A., Susanti, N., & Fitri, T. E. (2023). PENDIDIKAN ETIKA DI SEKOLAH DASAR BERDASARKAN PERSPEKTIF FILSAFAT: TINJAUAN PUSTAKA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5709–5717.

Meilinda, R., & Mustoffa, A. F. (2023). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP SUNAN KALIJAGA SAMPUNG MELALUI IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 4. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 592–609.

Muhajir, B. D., & Binfas, M. A. M. (2024). SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA TERHADAP PERUBAHAN KARAKTER PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MTS AN-NUR RANTEBARU. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 283–294.

Mustofa, E., & Haryati, T. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS HASYIM ASY’ARI BAWANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2217–2227.

Ningrum, R. C., & Pujiastuti, H. (2023). ANALISIS PERMASALAHAN GURU DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3236–3246.

Nofitri, F. (2023). Penerapan Coaching Model Alur Tirta Oleh Kepala Sekolah Dalam Mensupervisi Guru Di Sekolah. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1209–1221.

Prihatin, E., & Permana, J. (2024). KEPEMIMPINAN INTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP MUTU LAYANAN PENDIDIKAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6311–6324.

Putri, K. W. F., & Sanoto, H. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERKONSENTRASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MAPEL PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK KELAS II C SD KRISTEN 03 EBEN HAEZER. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5790–5801.

Rizki, B., Ismail, M., Kurniawansyah, E., & Herianto, E. (2024). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI di MAN 2 SUMBAWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14605

Sanggarwati, R., Mukminin, A., & Sofyan, H. (2024). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 149/IV JAMBI DENGAN MENERAPKAN MODEL RECIPROCAL TEACHING PADA MATA PELAJARAN IPAS. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4633–4645.

Sari, F., & Pujiastuti, H. (2023). EVALUASI EFEKTIFITAS KURIKULUM INKLUSI DAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3158–3169.

Setiyani, I., Miyono, N., & Prayito, M. (2024). PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH DAN IKLIM ORGANISASI SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERIDI WILAYAH KECAMATAN KRANGGAN KABUPATEN TEMANGGUNG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 818–833.

Solihah, D. S., & Iskandar, S. (2023). Pentingnya Kompetensi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 2935–2945.

Sonjaya, Y., Ambarsari, M., Marnoto, M., & Julaeha, E. (2024). Studi Tentang Pengawasan dan Lingkungan Kerja serta Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 1–11.

Susanti, M. (2023). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR KOTA PADANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 887–897.

Wicaksono, L., & Tatminingsing, S. (2023). SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 19 PAUH KECAMATAN TEMPUNAK KABUPATEN SINTANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4995–5008.

Wulandari, R. I., Munip, A., & Mawardi, A. C. (2023). TANTANGAN PROFESIONALISME GURU: INTEGRASI PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM MERDEKA DENGAN PENDIDIKAN DI ABAD 21. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 2649–2667.

Yosep, Y., Wicaksono, L., & Fatmasari, R. (2023). EVALUASI PROGRAM SUPERVISI MANAJERIAL DALAM MENINGKATKAN KINERJA KEPALA SEKOLAH DI GUGUS III LENGKENAT KABUPATEN SINTANG. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4542–4554.

Yuliantika, L. R., & Widianti, N. A. (2024). UPAYA PENINGKATAN KARAKTER KREATIF PESERTA DIDIK MELALUI FORIDA DI KELAS V SDN ORO ORO OMBO TAHUN 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3756–3763.

Downloads

Published

2024-09-30

Most read articles by the same author(s)