PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TURORIAL RENANG GAYA DADA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10173Keywords:
Media Pembelajaran, Video tutorial, Renang Gaya DadaAbstract
Penggunaan media pembelajaran wajib dilakukan dalam pembelajaran hal ini penting agar siswa menjadi sumber belajar dan dapat membantu siswa dalam belajar. Pembelajaran berbasis keterampilan sangat bergantung pada guru ketika pembelajaran karena masih banyak guru yang mendemonstrasikannya secara tatap muka. Sehingga perlu adanya media yang dapat membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat, mengetahui, dan mempelajari seberapa efektif media video tutorial dalam meningkatkan keterampilan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Berdasarkan hasil analisis evaluasi ahli materi diperoleh skor 4,76 dengan kategori sangat valid, ahli media dengan skor 4,79, dan ahli desain dengan skor 4,54. Pada tahap pelaksanaan dalam pengajaran ditemukan adanya peningkatan hasil belajar dengan tes keterampilan renang dimana rata-rata pretest meningkat dari 57 menjadi 78. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial dapat meningkatkan keterampilan gerak pada materi renang gaya dada.Downloads
References
Akbar, C. fatimah, Lubay, L. H., & Wibowo, R. (2022). Methods of teaching physical education in elementary school. ACADEMICIA: An International Multidisciplinary Research Journal, 12(5), 758–763. https://doi.org/10.5958/2249-7137.2022.00487.6
Ashari, A. H., Muhammad, H. N., & Prakoso, B. B. (2022). Identifikasi Sarana dan Prasarana Olahraga dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga. Bravo’s: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 10(2), 137. https://doi.org/10.32682/bravos.v10i2.2506
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.
Dewi, N. R. (2022). Penerapan Desain Pembelajaran Addie E-Learning Materi Bahasa Inggris Pada Siswa Sma. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2774–2784. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3978
Fernandes, G. D., Donie, Midarman, & Denay, N. (2021). Analisis Keterampilan Gerak Teknik Renang Gaya Dada. Jurnal Patriot, 3(1), 95–106. https://doi.org/10.24036/patriot.v
Gong, W. (2023). Application of the ADDIE Model in the Teaching Practice of Basketball Skills. Applied Mathematics and Nonlinear Sciences, 3(2), 571–582. https://doi.org/10.2478/amns.2023.1.00303
Hendri, G., & Aziz, I. (2020). Motivasi Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Di SMAN 1 Padang Sago Padang Pariaman. Jurnal Patriot, 2, 171–181. http://patriot.ppj.unp.ac.id/index.php/patriot/article/view/533
Kretschmann, R. (2017). Employing tablet technology for video feedback in physical education swimming class. Journal of E-Learning and Knowledge Society, 13(2), 103–115. https://doi.org/10.20368/1971-8829/1322
Nurlaela, L., & Surabaya, U. N. (2022). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO TUTORIAL. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9, 117–128.
Nurrita. (2018). Kata Kunci: Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.
Palao, J. M., Hastie, P. A., Cruz, P. G., & Ortega, E. (2015). The impact of video technology on student performance in physical education. Technology, Pedagogy and Education, 24(1), 51–63. https://doi.org/10.1080/1475939X.2013.813404
Pratiwi, W. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa SDN Segugus Cakra Kota Semarang.
Rusyadi, K. I., Sukendro, & Sulistiyo, U. (2022). Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran Renang Gaya Kupu-Kupu Pada Atlet Junior Oscar Swimming Club Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 906–915. https://repository.unja.ac.id/34313/%0Ahttps://repository.unja.ac.id/34313/4/BAB 1-5 %28SIDANG%29.pdf
Sari, M. D., & Nurrochmah, S. (2021). Survei Keterampilan Gerak Dasar pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 3(7), 440–450. https://doi.org/10.17977/um062v3i72021p440-450
Setiyana, A. A., Sayekti, I. C., & Khanifah, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Murid dengan Media Video. Educatif: Journal of Education Research, 4(3), 305–311. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif
Syifa, N., & Julia, J. (2023). Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Inovasi Pembelajaran Berbasis Informasi Teknologi Sebagai Alat Bantu Pencapaian Pembelajaran. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 271. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1707
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.