EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN ANDROID DALAM MELUKIS MIX MEDIA PADA SENI RUPA KELAS IV DI SD NEGERI 12 JERORA

Authors

  • Yudi Sutopo Universitas Terbuka
  • Indri Astuti Pendidikan Dasar Universitas Terbuka
  • Dodi Sukmayadi Pendidikan Dasar Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11106

Keywords:

Pengembangan, Multimedia, Seni Rupa, 4D, Sekolah Dasar, Android

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran yang interaktif.  Model pengembangan yang digunakan adalah 4D Models. Pada tahap development prototipe dinyatakan valid, dibuktikan dengan validasi 5 ahli materi yang memberikan persentase 92,6%, 4 ahli desain 90,8% dan 3 ahli media 95,2%. Hasil uji coba empiris yang melibatkan 3 siswa pada uji coba one to one, 6 siswa pada uji kelompok kecil dan 30 siswa pada uji coba kelompok besar. Uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesar 81% dengan interpretasi “baik”. Efektivitas multimedia di uji dengan melibatkan 30 siswa. Berdasarkan hasil belajar diperoleh nilai rata-rata 63 pada pretest dan 84 pada posttest. Normalitas data diperoleh dengan One Sample K-S dengan Sig.(2 Tailed) 0,200>0,05.  Hasil Uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai Sig. adalah 0,000 <0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar. Berdasarkan N-Gain Score diperoleh gain skor 0,57 atau berada di antara 0,3-0,70 dan persentase gain 56,6% atau di antara 56-75% sehingga multimedia dikategorikan cukup efektif. Efektivitas multimedia berdasarkan respons siswa diperoleh rata-rata persentase 83,15% yang terdiri dari aspek materi 82,67%, manfaat 83,47%, penggunaan 79,78%, relevansi 85,00% dan navigasi 83,52%. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan multimedia pembelajaran interaktif pada pembelajaran seni rupa kelas IV di SD Negeri 12 Jerora menghasilkan multimedia yang valid menurut ahli, relevan bagi siswa dan efektif dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahman, M., Zakaria, M. S., & Din, R. (2021). Design learning module fundamental of computer science: Evaluation of content validity. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 7(4)

Af-Iddah, L (2019). Pengembangan multimedia pembelajaranberbasis android pada mata pelajaran Al-Quran Hadist. UIN Maulana Malik Ibrahim. Program Magister Pendidikan Agama Islam

Astuti, D.P (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android dengan Model Problem Based Learning Muatan Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(8)

Ayuni, D. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Danang, A., Fajrie, N., & Riswari, L. A. (2023). Analisis karakteristik gambar anak dengan tema lingkungan sekitar kecamatan karimunjawa. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(1), 146-150.

Lam, W. (2021) A study of the teaching of color theory for visual art students at tertiary Institutions in Singapore. Singapore. Doctor of Philosophy National Institute of Education. Nanyang Technological University

Lestari, I. (2018). Developing Wordless Picture Book to improve the storytelling ability of 5 to 6 years old children. Jurnal Cakrawala Pendidikan. No. 1

Luton, C. (2021). Coaching preservice teachers to integrate the arts in STEM content. International Journal of Education & the Arts, 22(5).

Nortey, S., Bodjawah, E. K., & Poku, K. A. (2021). The intellectual legacy of Gold Coast Hand and Eye curriculum and art education in Ghana. International Journal of Education & the Arts, 22(6).

Salam, S., Sukarman, Hasnawati, Muhaimin, M. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makasar. Universitas Negeri Makasar. Hal.2

Setiawan, A.(2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-08