PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN MEDAENG 1 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18090Keywords:
Make a match, Ular tangga, Hasil belajarAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Medaeng 1 Waru, Sidoarjo Tahun Ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil observasi masalah yang ditemukan pada proses pembelajaran matematika, pemahaman siswa masih rendah. Hal itu dapat dilihat masih banyak siswa yang kurang percaya diri ketika mengajukan pertanyaan kepada guru mengenai materi yang belum mereka pahami, sehingga hasil belajarnya rendah. Adapun solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbantuan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Pembelajaran dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu rencana, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang digunakan berupa tes evaluasi. Data yang dihasilkan menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar yang ditunjukkan dengan presentase prasiklus sebesar 21,70%, 82,60% siklus I, meningkat kembali menjadi 91,03% pada siklus II. Berdasarkan data penelitian sudah melebihi batas ketercapaian yakni 75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match berbantuan ular tangga terbukti meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi komposisi dan dekomposisi bilangan cacah 100.000 kelas V di SDN Medaeng 1 Waru, Sidoarjo.Downloads
References
Ariyanto, B., Chamidah, A., & Suryandari, S. (2020). Pengembangan Media Ular Tangga Terhadap Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(01), 85. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i01.917
Irmawati, A. O., Rasidi, R., & Hisnan Hajron, K. (2022). Pengaruh Model Make A Match Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Keterampilan Berhitung Siswa Kelas II SD Negeri Sukosari Kecamatan Bandongan Kabupaten Magelang. Borobudur Educational Review, 2(1), 1–9.
Munadah, R., Rahayu, P. S., Pranandari, E., Jukia, F., & Rosdianti, V. (2021). Penerapan Permainan Ular Tangga dalam Peningkatan Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang di Kelas v SD 006 Rambah Samo. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 46. https://doi.org/10.30742/tpd.v3i1.1445
Noorisa, A., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2020). Penerapan Model Make A Match Berbantuan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 2(4), 331–342. https://doi.org/10.31004/joe.v2i4.327
Novita, L., & Sundari, F. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Game Ular Tangga Digital. Jurnal Basicedu, 4(3), 716–724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.428
Rivai, I., Khaq, M., & Anjarini, T. (2022). Penerapan Media Ular Tangga Berbantuan Kartu Angka untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(1), 31–37. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i1.131
AH, H. F., Arief, Z. A., & Muhyani, M. (2019). Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 112. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1843
Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404
Rosidi, M. wahyu. (2018). Penerapan Media Ular Tangga 3D Untuk Meningkatkan Atensi Belajar Kelas 4 Sd/Mi Jenggot Krembung. Ptk B2 Pgsd Fkip. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/3244
Anjarini, I. R. M. K. T. (2022). Penerapan Media Ular Tangga Berbantuan Kartu Angka untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada. 3(1), 31–37.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.