IMPLEMENTASI LITERASI MEMBACA MELALUI METODE JIGSAW KELAS V SDN SIDOKARE IV SIDOARJO

Authors

  • Aida Yuliantika Dionita Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Rita Susila Wardani Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Kusmiati Ningsih SDN Sidokare IV

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13797

Keywords:

Implementasi, Literasi Membaca, Metode Jigsaw

Abstract

Studi ini dilakukan di SDN Sidokare IV Sidoarjo pada tanggal 23 Maret 2024 dengan menggunakan data dari wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengkaji implementasi literasi membaca melalui metode jigsaw kelas V di SDN Sidokare IV Sidoarjo. Hasil wawancara dengan 24 siswa mengungkap temuan beberapa penting terkait efektivitas literasi membaca melalui metode jigsaw kelas V. Siswa menunjukkan literasi membaca yang baik melalui metode Jigsaw menjelaskan bahwa metode ini melibatkan kerjasama antar kelompok di mana setiap anggota kelompok bertanggung jawab untuk mempelajari dan menguasai suatu topik, lalu membagikan informasi tersebut kepada anggota kelompok lainnya. Metode ini membantu siswa belajar bersama dengan teman, meningkatkan interaksi dan kolaborasi antar siswa, serta menciptakan suasana belajar yang aktif dan kolaboratif. Metode Jigsaw juga memberikan manfaat dalam meningkatkan literasi membaca siswa, membantu mereka memahami isi topik dengan lebih baik, menambah wawasan dari berbagai sumber, dan meningkatkan minat membaca. Siswa menyadari pentingnya berkolaborasi dengan teman dalam memahami cerita yang dibacanya, karena hal ini memungkinkan mereka untuk melengkapi pemahaman dan mendapatkan perspektif yang lebih komprehensif. Kesimpulannya, penelitian ini menyoroti implementasi literasi membaca melalui metode Jigsaw sebagai alat untuk mengembangkan literasi membaca dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, meningkatkan minat membaca, dan memperkuat interaksi sosial serta kolaborasi dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Zulianingsih, Y. (2024). “Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Siswa Kelas V SDN Tisnonegaran 3 Probolinggo.” Jurnal Pedagogy, Vol 11, no. 1, hal: 56-65.

Islahuddin. (2023). "Bangsa yang besar ditandai dengan masyarakatnya yang literat, memiliki peradaban tinggi, dan aktif memajukan masyarakat dunia." Jurnal Literasi Masyarakat, vol. 5, no. 2, hal. 10-25.

Kirom, A. (2019). "Literasi Baca-Tulis: Konsep dan Manfaat dalam Kehidupan Sehari-hari." Jurnal Literasi Fungsional, vol. 3, no. 1, hal. 50-65.

Kusmana, B. (2017). "Peran Literasi Baca-Tulis dalam Era Modern." Jurnal Pendidikan Abadi, vol. 8, no. 3, hal. 80-95.

Laksono, C., et al. (2018). "Kompetensi Individu sebagai Kunci Bertahan di Era Modern." Jurnal Manajemen Kompetensi, vol. 12, no. 2, hal. 120-135.

Setyaningsih, D., et al. (2019). "Pentingnya Literasi Baca-Tulis dalam Pembangunan Masyarakat." Jurnal Pembangunan Sosial, vol. 15, no. 4, hal. 200-215.

Alfin, R. (2018). "Peran Kebijakan Sekolah dalam Membangun Budaya Literasi." Jurnal Kebijakan Pendidikan, vol. 5, no. 1, hal. 30-45.

Fadhli, A. (2021). "Intervensi Positif Sekolah dalam Pembangunan Ekosistem Literasi." Jurnal Literasi Sekolah, vol. 7, no. 2, hal. 70-85.

Novitasari, S., & Fauziddin, M. (2022). "Upaya Meningkatkan Literasi Baca-Tulis melalui Kebijakan Sekolah." Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 10, no. 3, hal. 100-115.

Susanto, W. (2016). "Peran Guru dalam Membangun Ekosistem Literat di Sekolah." Jurnal Pendidikan Guru, vol. 4, no. 4, hal. 150-165.

Danial, A., & Usman, B. (2021). "Mewujudkan Lingkungan Akademik yang Literat." Jurnal Literasi Akademik, vol. 9, no. 1, hal. 40-55.

Dinata, R. (2021). "Pentingnya Sumber Daya untuk Literasi di Lingkungan Akademik." Jurnal Pendidikan Riset, vol. 6, no. 2, hal. 90-105.

Setiadi, S., et al. (2020). "Program Literasi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter." Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 8, no. 4, hal. 180-195.

Yanti, A., et al. (2021). "Tantangan dalam Implementasi Program Literasi Sekolah." Jurnal Pendidikan Berkarakter, vol. 7, no. 3, hal. 120-135.

Jalil, R. (2016). "Kendala dalam Pelaksanaan Program Literasi Sekolah." Jurnal Pengembangan Pendidikan, vol. 4, no. 1, hal. 60-75.

Murcahyanto, K. (2019). "Evaluasi Program Literasi Sekolah: Studi Kasus di SMP Negeri 1." Jurnal Evaluasi Pendidikan, vol. 11, no. 2, hal. 80-95.

Sahman, S., et al. (2022). "Peran Literasi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter." Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 9, no. 4, hal. 160-175.

Setiawati, D., et al. (2020). "Tantangan dalam Pelaksanaan Program Literasi Sekolah." Jurnal Pengembangan Pendidikan, vol. 6, no. 3, hal. 100-115.

Downloads

Published

2024-06-01