PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SDN SIDOKARE IV

Authors

  • Asita Salsabilla Maharani UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
  • Afrelya Rindi Antika Universitas Negeri Surabaya
  • Devita Sa`diyah Universitas Negeri Surabaya
  • Julianto Universitas Negeri Surabaya
  • Ari Kusmiati Ningsih SDN Sidokare IV

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13507

Keywords:

Perpustakaan, Ramah Anak, Minat Baca

Abstract

Kegiatan literasi sekolah merupakan sarana untuk  mengembangkan  kemampuan literasi  bagi siswa melalui  kegiatan  membaca yang ada  di  sekolah. Kurangnya minat baca siswa di masa pandemi sehingga sekolah berupaya untuk meningkatkan minat baca melalui perpusatakaan ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi terkait strategi SDN Sidokare IV dalam menggalakan literasi membaca anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif destkriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa bentuk gambar dan kata-kata melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi   penelitian   ini   adalah   di   SDN Sidokare IV Sidoarjo. Subyek  penelitian  ini  adalah  guru  kelas  V,  peserta  didik  kelas  V,  dan  Tim Literasi Sekolah (TLS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara terstruktur, observasi, angket, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah data primer. Uji keabsahan data penelitian  ini  menggunakan  triangulasi  teknik  dan  triangulasi  sumber. Hasil penelitian di SDN Sidokare IV bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)  Mutiara Rindang mewujudkan perpustakaan ramah anak yang sesuai dengan jenjang kemampuan membaca anak. SDN Sidokare IV memiliki jenjang buku yakni Jenjang A1, A2, B1, B2, B3 dan C. Dalam mengklasifikan jenjang buku menggunakan stiker hewan mudah dikenali oleh siswa. Selain itu, Guru-guru SDN Sidokare IV menerapkan metode membaca untuk siswa yaitu membaca nyaring (read aloud), membaca bersama (shared reading), dan membaca mandiri (independent reading). Berdasarkan kegiatan tersebut, maka terjadi peningkatan motivasi anak dalam membaca buku sesuai dengan kemampuan bacanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmadi. (2019). MEMBACA, YUUUK.....! “Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini. GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books/about/MEMBACA_YUUUK_Strategi_Menumbuhkan_Minat.html?id=s6JqDwAAQBAJ&redir_esc=y

Fatmawaty, R., Widyaiswara, T., & ... (2022). Peningkatan Minat Baca Melalui Revalitasi Perpustakaan Sekolah Di Sd Dan Mi Di Tiwet Kalitengah Lamongan. Abdimas …, 5(2), 283–289. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/8754

Kemdikbud. (2019). Tingkatkan Literasi Baca-Tulis, Kemendikbud Adakan Pertemuan Penulis Bahan Bacaan. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/04/tingkatkan-literasi-bacatulis-kemendikbud-adakan-pertemuan-penulis-bahan-bacaan#:~:text=Sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,selama 15 menit sebelum belajar.

Maskur, A. (2023). Peningkatkan Minat Baca Bagi Siswa Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(4), 83–94.

Murdowo, D., Liritantri, W., Syifa, Y., & Munadia, R. (2020). Perancangan Desain Interior Perpustakaan Ramah. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(02), 99–109. http://pemas.unisla.ac.id/index.php/JAB/article/view/60

NASIONAL), U.-U. S. (SISTEM P. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003. Records Management Journal, 1(2), 1–15. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt

Perjenjangan_Buku_2022 (1).pdf. (n.d.).

Steward, P. (2016). School library design, facilities and resources for sustainable cognitive and social development of students: An evaluative case study. International Association of School Librarianship.Selected Papers from the ...Annual Conference. https://search.proquest.com/docview/1928619382?accountid=16943

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-05-06