PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SDN SIDOKARE IV
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13507Keywords:
Perpustakaan, Ramah Anak, Minat BacaAbstract
Kegiatan literasi sekolah merupakan sarana untuk mengembangkan kemampuan literasi bagi siswa melalui kegiatan membaca yang ada di sekolah. Kurangnya minat baca siswa di masa pandemi sehingga sekolah berupaya untuk meningkatkan minat baca melalui perpusatakaan ramah anak. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi terkait strategi SDN Sidokare IV dalam menggalakan literasi membaca anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif destkriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa bentuk gambar dan kata-kata melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini adalah di SDN Sidokare IV Sidoarjo. Subyek penelitian ini adalah guru kelas V, peserta didik kelas V, dan Tim Literasi Sekolah (TLS). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara terstruktur, observasi, angket, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah data primer. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian di SDN Sidokare IV bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mutiara Rindang mewujudkan perpustakaan ramah anak yang sesuai dengan jenjang kemampuan membaca anak. SDN Sidokare IV memiliki jenjang buku yakni Jenjang A1, A2, B1, B2, B3 dan C. Dalam mengklasifikan jenjang buku menggunakan stiker hewan mudah dikenali oleh siswa. Selain itu, Guru-guru SDN Sidokare IV menerapkan metode membaca untuk siswa yaitu membaca nyaring (read aloud), membaca bersama (shared reading), dan membaca mandiri (independent reading). Berdasarkan kegiatan tersebut, maka terjadi peningkatan motivasi anak dalam membaca buku sesuai dengan kemampuan bacanya.Downloads
References
Darmadi. (2019). MEMBACA, YUUUK.....! “Strategi Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak Sejak Usia Dini. GUEPEDIA. https://books.google.co.id/books/about/MEMBACA_YUUUK_Strategi_Menumbuhkan_Minat.html?id=s6JqDwAAQBAJ&redir_esc=y
Fatmawaty, R., Widyaiswara, T., & ... (2022). Peningkatan Minat Baca Melalui Revalitasi Perpustakaan Sekolah Di Sd Dan Mi Di Tiwet Kalitengah Lamongan. Abdimas …, 5(2), 283–289. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/8754
Kemdikbud. (2019). Tingkatkan Literasi Baca-Tulis, Kemendikbud Adakan Pertemuan Penulis Bahan Bacaan. Kemdikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/04/tingkatkan-literasi-bacatulis-kemendikbud-adakan-pertemuan-penulis-bahan-bacaan#:~:text=Sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,selama 15 menit sebelum belajar.
Maskur, A. (2023). Peningkatkan Minat Baca Bagi Siswa Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(4), 83–94.
Murdowo, D., Liritantri, W., Syifa, Y., & Munadia, R. (2020). Perancangan Desain Interior Perpustakaan Ramah. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(02), 99–109. http://pemas.unisla.ac.id/index.php/JAB/article/view/60
NASIONAL), U.-U. S. (SISTEM P. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003. Records Management Journal, 1(2), 1–15. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt
Perjenjangan_Buku_2022 (1).pdf. (n.d.).
Steward, P. (2016). School library design, facilities and resources for sustainable cognitive and social development of students: An evaluative case study. International Association of School Librarianship.Selected Papers from the ...Annual Conference. https://search.proquest.com/docview/1928619382?accountid=16943
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.