PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MEDIA QUIZIZZ PAPER MODE PADA SISWA KELAS IV DI SDN SUKO NO. 363 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13310Keywords:
learning outcomes, learning media, quizizz paper modeAbstract
ABSTRACT This research was motivated by the low learning outcomes of students in class IV-B in IPAS subject. Based on the pre-cycle results, a percentage value of 34.61% was obtained. Of the 26 students, only 9 students graduated with an average class score of 61.96. This is due to the lack of variation in teacher assessment methods and media in learning. The aim of this research is to determine the increase in student learning outcomes by using the quizizz paper mode media in class IV IPAS subject at SDN Suko No. 363 Sidoarjo. The research method used was Kurt Lewin's PTK (Classroom Action Research) research model. This research was carried out in two cycles. Data collection techniques used by researchers are observation, interviews, documentation and tests use quizizz paper mode. Data analysis uses descriptive quantitative analysis. The research results show that student learning outcomes after implementing the quizizz paper mode media have increased. In the first cycle, the learning completeness score was 61.53% (16 students), while the incomplete score obtained by students was 38.47% (10 students) with an average score of 75.23 (enough). In cycle II, the learning completion score was 84.61% (22 students), while the incomplete score was 15.39% (4 students) with an average score of 83.38 (good). From the data above, it can be said that the quizizz paper mode media can improve student learning outcomes in IPAS subject class IV-B at SDN Suko No. 363 Sidoarjo. Keywords: learning outcomes, learning media, quizizz paper mode. ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV-B pada mata pelajaran IPAS. Berdasarkan hasil pra siklus diperoleh nilai persentase 34,61%. Dari 26 siswa hanya 9 siswa yag tuntas dengan nilai rata-rata kelas 61,96. Hal ini dikarenakan kurangnya variasi metode dan media penilaian guru dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media quizizz paper mode pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN Suko No. 363 Sidoarjo. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas) model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yakni observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes dengan menggunakan media quizizz paper mode. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menerapkan media quizizz paper mode mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar sebesar 61,53 % (16 siswa), adapun nilai tidak tuntas yang diperoleh siswa sebesar 38,47% (10 siswa) dengan nilai rata-rata 75,23 (cukup). Pada siklus II memperoleh ketuntasan belajar sebesar 84,61% (22 siswa), adapun nilai tidak tuntas sebesar 15,39% (4 siswa) dengan nilai rata-rata 83,38 (baik). Dari data tersebut, dapat dikatakan bahwa media quizizz paper mode dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV-B di SDN Suko No. 363 Sidoarjo. Kata Kunci: hasil belajar, media pembelajaran, quizizz paper mode.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Angelina, T., Herliana, Y., Widodo, S. T., & Arum, U. K. (2023). Efektivitas Media Paper Mode dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3731–3742. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6382
Ernawati, E., Nurwahidin, M., & Yuliyanti, D. (2023). Pemanfaatan Quizizz sebagai Media Penilaian Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 339. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6462
Fauziah, R., & Sofian Hadi, M. (2023). Analisis Efektivitas dan Manfaat Quizizz Paper Mode dalam Pembelajaran Interaktif di Kelas III SDN Singabraja 02. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2721. https://jim.usk.ac.id/sejarah
Happy Fitria, Muhammad Kristiawan, N. R. (2021). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.62509/ji.v1i1.20
Lathifa Utami Dewi, Dedi Irwandi, dan E. S. B. (2021). Pengaruh Media Penilaian Formatif Online Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Periodik Unsur. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 11(1), 19–26. https://doi.org/10.21009/jrpk.111.04
Marta, E. D. (2016). Implementasi Pemberian Reward Kepada Siswa SD Muhammadiyah Bantul Kota. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 25.
Nurrohmatulloh, A. F., & Mulyawati, I. (2022). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8441–8449. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3838 ISSN
Saputra, R. A., Hariyadi, A., & Sarjono. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP …, 7(3), 1046–1053. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1337
Saur Tambolon. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Erlangga.
Suharismi Arikunto, Suhardjono, S. (2014). Penetian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Sukartini, N. N. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Evaluasi Quzizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.5281/zenodo.6566603
Ulva Hazimatunnabila, Arina Restian, A. S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Teks Prosedur Melalui Aplikasi Quizizz Di Kelas 4 Dalam Merdeka Belajar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 114–124. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i2.234
Victory, B. L. V. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Menggunakan Kuis Interaktif pada Mata Kuliah Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Wilayah Pulau-Pulau Kecil Perbatasan. Journal of Education Research, 4(4), 2251–2257. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/613%0Ahttps://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/613/372
Zellva Widya Puri Ramatika, Vivi Rulviana, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang Melalui Penggunaan Media Quizizzz Paper Mode Di Kelas V SDN Kartoharjo 02. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 9–25.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.