PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI BERBASIS KONTEKSTUAL MUATAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eny Safitri Universitas Jambi
  • Maryono Universitas Jambi
  • Issaura Sherly Pamela Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17531

Keywords:

Video animasi berbasis kontekstual, aplikasi Animaker

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menjelaskan tahapan prosedur pengembangan video animasi berbasis kontekstual muatan IPS kelas V sekolah dasar menggunakan aplikasi Animaker (2) Menjelaskan tingkat validitas video animasi berbasis kontekstual muatan IPS kelas V sekolah dasar menggunakan aplikasi Animaker (3) Menjelaskan tingkat kepraktisan dati video animasi berbasis kontekstual muatan IPS kelas V sekolah Dasar menggunakan aplikasi Animaker. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, developmenet, implementation, and evaluation). Adapun data pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif berupa nilai dari validator desain dan produk, serta nilai angket kepraktisan peserta didik dan pendidik. Penelitian ini dilakukan di SDN 34/1 Teratai. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa video animasi berbasis kontekstual muatan IPS kelas V sekolah dasar yang proses pengembangannya melalui model ADDIE. Hasil validasi desain memperoleh nilai 86,6% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai 92,7% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi ahli bahasa memperoleh nilai 87,5% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respons guru memperoleh nilai 87,5% dengan kategori sangat praktis, hasil angket respons peserta didik uji coba kelompok kecil diperoleh nilai 84,55% dan kelompok besar 88,6% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini bisa diambil kesimpulan bahwa video animasi berbasis kontekstual muatan IPS kelas V sekolah dasar sangat valid dan praktis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almagofi, F., & Sari, E. F. (2024). Pengembangan media video animasi untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V SD negeri tugurejo 02 kota semarang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5093-5107.

Firdayanti, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pelajaran IPS Materi Keragaman Keragaman Budaya Di Indonesia Kelas IV SDN Manyaran 01 Semarang. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Harefa, E. P., Waruwu, D. P., Hulu, A. H., & Bawamenewi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Website dengan Menggunakan Model ADDIE. Journal on Education, 6(1), 4405-4410.

Ismi, N. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaaran Video Animasi Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 104 Pekan Baru. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Riau.

Juriah. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Pada Pembelajaran IPS di Kelas V SD 097341 Pardomuan Nauli. Universitar Muhammadiyah Sumatra Utara.

Lestari, W. M., & Salsabila, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Puzzle Digital Materi Lingkaran Kelas VI SD Negeri Bluru Kidul 2 Sidoarjo. Nusantara Educational Review, 1(1), 7-14.

Lukman, A., Hayati, K,D., Hakim, N. (2019) Pengembangan video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Vol 5 No. 2

Mahendra, M. A. R., Destrinelli, D., & Pamela, I. S. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Website Menggunakan Wondershare Filmora Materi Tumbuhan Dan Sumber Kehidupan Di Bumi Kelas IV SD. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2500-2513.

Mariati, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Animaker Pada Matematika Kelas III SDN 27 Limau Asam Pesisir Selatan (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA BARAT).

Mulyana, A. (2020). Penelitian Pengembangan (Research And Development ) Pengertian, Tujuan dan Langkah-langkah R&D.

Mulia, Y. A., & Kristin, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Journal on Teacher Education, 4(4), 293-302.

Purnama, A., & Pada, A. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT INTERAKTIF PADA KELAS IV DI SD INPRES TINGGIMAE KABUPATEN GOWA. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 1(2), 212-221.

Rachmawati, N., Astuti, N., Miranti, M. G., & Romadhoni, I. F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada Materi Telur. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(2), 54-65.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (19th ed.). ALFABETA, CV. ISBN J1. Gegerkalong Hilir No. 84 Bandung Email: alfabetabdgwyahoo.co.id.

Downloads

Published

2024-09-18

Most read articles by the same author(s)