PENERAPAN MODEL TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 17/I RANTAU PURI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.15737Keywords:
Model Time Token, Keaktifan BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik dengan model time token pada pembelajaran IPAS untuk peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 17/I Rantau Puri, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan model Taggart dan Kemmis yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menerapkan model time pada pembelajaran IPAS terlihat terjadi peningkatan keaktifan belajar peserta didik. Peningkatan keaktifan belajar peserta didik ditandai dengan memperhatikan tiap indikator keaktifan belajar, yaitu menjawab dan mengajukan pertanyaan, mencatat informasi penting, berdiskusi dalam kelompok, berpartisipasi secara aktif dalam menyimpulkan pembelajaran, dan berani mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas. Hal ini terlihat dari peserta didik yang mengalami peningkatan keaktifan dalam pembelajaran dengan memperhatikan tiap indikator keaktifan pada kegiatan pembelajaran terlihat pada setiap pertemuan. Hasil dari penelitian siklus I Pertemuan I memperoleh persentase sebesar 45,75% dan pada pertemuan II sebesar 53,95% yang mengalami peningkatan sebanyak 8,2%. Siklus II pertemuan I memperoleh persentase 65,22% dan pertemuan II sebesar 80,65% yang mengalami peningkatan sebanyak 15,43%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model time token pada pembelajaran IPAS dapat meingkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 17/I Rantau Puri. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan tiap indikator keaktifan belajar pada tiap pertemuan di tiap siklus.Downloads
References
Al-Husna, A. (2020). enerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatka Keaktifan Belajar Siswa pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar Negeri 018 Sungai Raja (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).
Asnita, & Khair, U. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia, 53-74.
Bellanca, J. A. (2019). Engaging Students: Using the Unit in Comprehensive Lesson Planning. Corwin Press.
Hamdayana, J. (2022). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hartika, N., & Mariana, F. (2019). Pengaruh Keaktifan Belajar & Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 57-71.
Malimbong, S. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Tematik Di UPT SPF SD Negeri Pampang Kota Makassar. Universitas Bosowa.
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosiding Pendidikan Dasar, 135-142.
Nurfatimah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis di SMK Negeri 4 Pekanbaru. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Halaman 146.
Nurhayati. (2020). Strategi Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: Deepublish.
Pengabean, S. d. (2020). Sistem Student Center Learning dan Teacher Center Learning. Bandung: Media Sains Indonesia.
RI. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2022 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
RI. (2022). Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022 Tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Sari, N. P., & Rahadi, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 85-93.
Sulastri, A., Mardiana., & Amar, S. (2023) Penerapan Model Time Token Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 1 Aik Mual. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 01-06
Susilowati, N. E., & Sari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(3), 311-318.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.