PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA MENGGUNAKAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI KELAS IV SDN 09 SURAU GADANG
Keywords:
Kata Kunci : Model Project Based Learning (Pjbl), Kreativitas, Pembelajaran Seni Rupa.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas peserta didik dalam pembelajaran seni rupa di kelas IV SDN 09 Surau Gadang, Kota Padang. Hal ini dikarenakan guru yang belum menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran dan guru menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan materi pembelajaran seni rupa sehingga peserta didik menjadi bosan dan mengantuk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas peserta didik pada pembelajaran seni rupa menggunakan model Project Based Learning (PjBL) di kelas IV SDN 09 Surau Gadang. Penelitian ini merupakan penilitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Setiap siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik di kelas IV sebanyak 23 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanan Pembelajaran, proses pelaksanaan dan hasil kreativitas peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan no tes. Hasil penelitian siklus I aspek modul ajar memperoleh rata-rata 85,4% (B) meningkat pada siklus II 91,66% (SB). Pelaksanaan siklus I pada aspek aktivitas guru memperoleh rata-rata sebesar 85,93% (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB). Pelaksanaan siklus I pada aspek aktivitas peserta didik memperoleh rata-rata sebesar 84,37% (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB). Hasil kreativitas peserta didik siklus I memperoleh rata-rata 61,27%, meningkat pada siklus II menjadi 83,28%. Dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas peserta didik pada pembelajaran seni rupa di Sekolah Dasar.Downloads
References
Aimang, H. A. (2022). Survey Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(1), 62. https://doi.org/10.32529/al- ilmi.v5i1.1608
Anjaryani, F. (2018). Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga Skripsi. Institud Agama Islam Purwokerto, 17. Http://Repository.Iainpurwokerto.Ac.Id/3467/2/Fina
Anjaryani_Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga.Pdf
Aulia, Irinna. N. & Hudaidah, “Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan 3, No.2 (2021)
Dihe, L., & Wangdra, Y. (2023). 8067-Article Text-30786-2-10-20231011.
September, 84–90.
Ermayulis, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2, 81-133.s
Hidayani, M. (2018). Model Pengembangan Kurikulum. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 375. https://doi.org/10.29300/attalim.v16i2.845
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan Tinggi Dalam Masa dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39-48.
Munandar, Utami. 2012. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta:Rineka Cipta.
Radiansyah, Sari, R., Jannah, F., Kurniawan, W., Aisyah, S., & Wardini, S. (2020). Implementation Of HOTS Learning Based On Enviromental Approach In Elementary School in Banjar District. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 9(1), 1-6.
President’s Committee on the Arts and the Humanities of America (PCAH). 2011. Reinvesting in Arts Education: Winning America’s Future Trough Creative Schools. Washington, DC diunduh di [http:/www.pcah.gov/sites/default/files/PCAH_Reinvesting_4web
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.