PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SENI RUPA MATERI KOMIK SEDERHANA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tiwi Devia Ulfa Universitas Negeri Padang
  • Muhammadi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13922

Keywords:

Hasil Belajar, Seni Rupa, Project Based Learning (PjBL)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran seni rupa karena kurangnya aktivitas belajar yang melibatkan peserta didik dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan materi komik sederhana menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dalam proses belajar untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa di SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dengan prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian yang diperoleh berkaitan dengan hasil pembelajaran model Project Based Learning (PjBL). Teknik pengumpulan data berupa analisis pengamatan atau observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru kelas sebagai observer, peneliti sebagai praktisi, dan peserta didik kelas IV SD yang berjumlah 25 orang.Hasil penelitian modul ajar siklus I diperoleh rata-rata 80,3% Baik (B), meningkat pada siklus II menjadi 96,4% Sangat Baik (SB). Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I diperoleh rata-rata 81,2% Baik (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,8% Sangat Baik (SB). Hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 81,2% (B), meningkat pada siklus II menjadi menjadi 96,8% Sangat Baik (SB). Hasil belajar peserta didik siklus I diperoleh rata-rata 71,3 Cukup (C), meningkat pada siklus II menjadi 82,3 Baik (B). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) materi Komik Sederhana  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Seni Rupa di kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arani Nini, W. M. (2021). Belajar dan Pembelajaran Teori Beserta Implikasinya. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Arsitawati, N. K. S. D., Suharta, I. G. P., & Juniantari, M. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter Pada Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 9(2), 52-61.

Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.

Dakhi, A. S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Education and Development.

Desyandri, & Maulana Putri. (2020). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 58. https://doi.org/10.24036/jippsd.v3i2.107576

Devi, S. K., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55–65.

Insani, F. D. (2019). Sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia sejak awal kemerdekaan hingga saat ini. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43-64.

Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21

Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif: Jurnal Ilmu Pengertahuan, 4(4), 5912- 5918.

Mansurdin. (2020). Pembudayaan Literasi Seni di SD. Deepublish.

Putri, O. W., & Muhammadi. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) di Kelas V UPT SDN 19 Pasar Lama Kabupaten Pesisir Selatan. 5(1).

Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898

Downloads

Published

2024-06-03