PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN MODEL READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE (RADEC) DI KELAS V SDN 23 BUKIK APIK KABUPATEN AGAM
Penelitian Tindakan Kelas
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17054Keywords:
model Read, Answer, Discuss, Explain, Create, hasil belajar, pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik di kelas sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 23 Bukik Apik Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan 2 pertemuan dan siklus II dilaksanakan 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) Modul Ajar siklus I dengan rata-rata 87,48% (B) , siklus II 95,83% (SB), b) Pelaksanaan pada aspek pendidik siklus I dengan rata-rata 78,57% (C), siklus II 92,85% (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek peserta didik siklus I dengan rata-rata 76,78% (C), siklus II 92,85% (SB), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 72,18 dan siklus II rata-rata 88. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model Read, Answer, Discuss, Explain, Create (RADEC) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Downloads
References
Fuziani, I., Istianti, T., & Arifin, M. H. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Radec dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran Keberagaman Budaya di SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Halim, A. (2022). Pengaruh Model Read Answer Discussion Explain and Create (Radec) Pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Dimoderasi Motivasi Belajar. Sosioedukasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 11(1), 121-129.
Hayati, I., & Alwi, N. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Lerning Di Kelas IV SD Negeri 07 Teladan Bukittinggi. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 1052–1062.
Prastiyo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Jigsaw Pada Materi Pecahan di Kelas V SDN Sepanjang 2. Kekata Group.
Rozak, R. W. A., & Mulyati, Y. (2015). Sastra Dongeng dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 45-55.
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 800–807.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.