PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS IV SDN 10 BANDAR BUAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24131Keywords:
Hasil Belajar, Numbered Head Together, Model Kooperatif, Pendidikan PancasilaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan oleh kurangnya partisipasi aktif dalam proses pembelajaran serta kemampuan berpikir kritis yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seorang guru dan 27 peserta didik kelas IV SDN 10 Bandar Buat pada semester Januari–Juni tahun ajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan nontes, meliputi penilaian modul ajar, aktivitas guru dan peserta didik, serta hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata penilaian modul ajar meningkat dari 89,58% (Baik) menjadi 95,83% (Sangat Baik). Aktivitas guru meningkat dari 87,49% menjadi 95,83%, dan aktivitas peserta didik dari 81,24% menjadi 91,66%. Hasil belajar peserta didik juga meningkat dari rata-rata 71,94 (Cukup) menjadi 84,25 (Baik), atau naik sebesar 12,31%. Dengan demikian, model kooperatif tipe Numbered Heads Together terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas IV.Downloads
References
Buku :
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: KENCANA.
Jurnal :
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. 1, 21–30.
Hanafiah, D., Martati, B., & Mirnawati, L. B. (2023). Implementasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pendidikan Pancasila Kelas IV di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 540. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.1862
Hapsari, & Agni, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar. scholaria : jurnal pendidikan dan kebudayaaan, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21366
Karim, C. N., & Muhammadi. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol.4(3), 2030–2038.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ilmu - ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448
Pillawaty, S. S., Firdaus, N., Ruswandi, U., & Syakuro, S. A. (2023). Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNINDA Gontor, 1, 602–611. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/shibghoh/article/view/9504
Sakban, A., & Wahyudin. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 7(1), 18. https://doi.org/10.31764/civicus.v0i0.924
Suciani, R. N., Azizah, N. L., Gusmaningsih, I. O., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 114–123.
Sutadi. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 362–368. https://doi.org/10.47668/pkwu.v6i2.3
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.