PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS IV SDN 04 TALAOK KABUPATEN PESISIR SELATAN

Authors

  • Mayang Pebri Anita Universitas Negeri Padang
  • Muhammadi Universitas Negeri Padang
  • Rafhi Febryan Putera Universitas Negeri Padang
  • Masniladevi Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.23908

Keywords:

Hasil belajar, Pendidikan Pancasila, Model Pembelajaran Example Non Example

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 04 Talaok Kabupaten Pesisir Selatan, serta rendahnya keaktifan dan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 04 Talaok, Pesisir Selatan pada semester II tahun ajaran 2024/2025. Dengan jumlah peserta didik yaitu 12 orang, yang terdiri dari 9 orang peserta didik perempuan dan 3 orang peserta didik laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar peserta didik dari 59,91 (pra tindakan) menjadi 74,46 (B) pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 87,50 (SB) pada siklus II. Selain itu, aktivitas guru dan peserta didik juga menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan predikat sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 04 Talaok Kabupaten Pesisir Selatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Fadly, Wirawan. (2022). Model-Model Pembelajaran Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Yogyakarta: Bening Pustaka

Taufik, T., Muhammadi. 2012. Mozaik Pembelajaran Inovatif. Padang: SUKABINA Press

Yusri. (2020). Penelitian tindakan kelas: Teori dan praktik dalam pembelajaran. Jakarta: Pustaka Edukasi.

Jurnal :

Agustiana, Muhammad, D., Malik, M., & Rumiati, S. 2023. Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Citizenship Virtues 3(2):522–33. doi: 10.37640/jcv.v3i2.1869.

Amalia., Devi, N., Purnamasari, I., & Widyaningrum, A. 2019. Pengembangan Permainan Lego Sebagai Metode Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Di Kelas Ii Sekolah Dasar. Janacitta 2(1). doi: 10.35473/jnctt.v2i1.189.

Kurnia, R., & Muhammadi. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar 10(3):379. doi: 10.24036/e-jipsd.v10i3.10459.

Kurniawati, I., & Masniladevi. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2):4606–11. doi: 10.31004/jptam.v7i2.6440.

Pahleviannur, N. R., Asmarani, D., & Anggraeni, T. (2023). Pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 45–52.

Putera, R. F., Habibi, M., Chandra, & Zuryanty. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Pendidikan Abad 21 Untuk Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(1):727–34.

Yandi, A., Putri, A. N. K., & Putri, Y. S. K. 2023. Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara 1(1):13–24. doi: 10.38035/jpsn.v1i1.14.

Zainal, Z., & Maryam. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non Example Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II Sdn 79 Parepare. Journal of Mathematics Education and Science 5(2):1–7.

Downloads

Published

2025-05-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>