IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SDN DI KABUPATEN TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16982Abstract
Perubahan kurikulum harus diantisipasi dan dipahami oleh berbagai pihak, karena kurikulum adalah pedoman dan rancangan kegiatan pembelajaran secara keseluruhan. Oleh karena itu, setiap sekolah harus memulai dari awal dalam mengimplementasi kurikulum. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka, mengidentifikasi kendala dalam proses implementasi kurikulum merdeka dan mengetahui solusi dan upaya yang dilakukan guru dalam menghadapi kendala pada SDN di Kabupaten Tangerang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian ini yaitu wali kelas dan kepala sekolah atau bidang kurikulum. Penelitian ini melibatkan 3 sekolah, yaitu SDN Sepatan I, SDN Pondok Jaya dan SDN Karet I. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga sekolah ini sudah melaksanakan implementasi kurikulum merdeka, namun dalam melaksanakan nya mereka mengalami hambatan yaitu kurangnya informasi lebih lanjut terkait kurikulum merdeka, kurangnya media dan tantangan dalam menghadapi siswa-siswi berkebutuhan khusus. Namun walaupun mereka memiliki hambatan masing-masing. Guru-guru memiliki inisiatif untuk menggali informasi dari berbagai media baik dalam akun PMM maupun informasi dari KKG.Downloads
References
Buku :
Ardianti, Y., Amalia, N., Dasar, G. S., & Surakarta, U. M. (2022). Kurikulum Merdeka : Pemaknaan Merdeka Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. 6(3), 399–407.
Salsabillah, F., Zahro, A. M., & ... (2023). Implementasi kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Wonorejo: Implementasi kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Wonorejo. Prosiding SEMAI …, 158–165. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/1245
Artikel in Press :
Kemendikbudristek. (2003). UU SISDIKNAS. 7(2), 1–16. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Jurnal :
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818.
Cepi Barlian, U. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Journal of Educational and Language Research, 8721, 2105–2118.
Dewi, R. S. I., & Mudrikah, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak di SDN 1 Selorejo Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 500–511. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.327
Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(8.5.2017), 295.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., & Mayanti, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Jannah, F., Irtifa, T., & Fatimattus Az Zahra, P. (2022). . PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR 2022. . . Jurnal Al-Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.
Maulana Jamaludin, G., & Marini, A. (2023). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(1), 187–194.
Nisa, S. K., Yoenanto, N. H., & Nawangsari, N. A. F. (2023). Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 287–298.
Pratiwi, R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7, 1313–1322.
Prihatien, Y., Amin, M. S., & Hadi, Y. A. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Janapria. Journal on Education, 6(1), 9232–9244.
Solikhah, N. (2023). ANALISIS PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(September), 4625–4640.
Sunarmi. (2023). Persepsi_Guru_Terhadap_Implementasi_Kurikulum_Merd. Journal on Education, 05(02), 1613–1620.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.