EVALUASI PEMBELAJARAN IPAS KELAS 4 SEKOLAH DASAR NEGERI SIDOREJO LOR 03 SALATIGA MENGGUNAKAN MODEL CHARLOTTE DANIELSON

Authors

  • Louis Chesarlita Yulia Charismasari Universitas Kristen Satya Wacana
  • Mawardi Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.19634

Keywords:

Model Charlotte Danielson, Pembelajaran, Evaluasi Kinerja Guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran IPAS kelas 4 di SD Negeri Sidorejo Lor 03 Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan mixed method kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan model Charlotte Danielson. Evaluasi kinerja guru ini meliputi 4 domain yaitu 1) perencanaan dan persiapan kelas, 2) pengelolaan kelas, 3) proses pembelajaran, dan 4) tanggung jawab profesional. Subjek penelitian ini meliputi 1 Kepala Sekolah, 1 Guru kelas SD Negeri Sidorejo Lor 03 Salatiga serta 28 siswa kelas 4 SD Negeri Sidorejo Lor 03 Salatiga. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, angket, observasi, dan studi dokumen. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen dengan panduan wawancara, angket, dan rubik penilaian kinerja guru. Uji validitas data dilakukan dengan melalui teknik triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) kinerja guru dalam perencanaan dan persiapan pembelajaran berada pada kategori sangat baik, 2) kinerja guru dalam pengelolaan kelas berada pada kategori baik, 3) kinerja guru dalam pengelolaan kelas berada pada kategori sangat baik, dan 4) kinerja guru dalam tanggung jawab profesional berada pada kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggita, A. D., Ervina Eka Subekti, Muhammad Prayito, & Catur Prasetiawati. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Ipas Di Kelas 4 Sd N Panggung Lor. Inventa, 7(1), 78–84. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7104

Astuti, E. A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada pada Pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri 1 Kadipuro.

Danielson, C. (2007). Enhancing Professional Practice: a Framework for Teaching. https://books.google.co.id/books?id=QTOIcGgyLCoC&lpg=PP1&hl=id&pg=PR3#v=onepage&q&f=false

Elis Ratnawulan, H. A. R. (2014). Buku Evaluasi. PUSTAKA SETIA.

Kemendikbudristek RI (2021). (n.d.). Kemendikbudristek RI (2021). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kemendikbud, 1–143.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 162/M/2021 tentang (Program Sekolah Penggerak). (n.d.).

Mawardi. (2015). Penelitian evaluasi.

Rani, N., & Mujianto, G. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Transformasi Energi Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas IV sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1529–1543.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang (Sistem Pendidikan Nasional). (n.d.).

Wardanti, T. S., & Mawardi, M. (2022). Evaluasi Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Lingkungan Menggunakan Model Charlotte Danielson. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5773–5782. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3440

Zulhafizh, Z. (2021). Peran dan Mutu Pelaksanaan Pembelajaran oleh Guru di Satuan Pendidikan Tingkat Atas. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 328. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3344

Downloads

Published

2024-12-23

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>