PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKn DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI di MAN 2 SUMBAWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14605Keywords:
Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran PPKn.Abstract
ABSTRAK Penelitian ini yaitu jenis PTK, yang menggunakan pendekatan kualitatif yag bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Daerah penelilian ini yaitu di MAN 2 SUMBAWA, dengan menggunakan sempel semua peserta didik kelas XI MAN 2 SUMBAWA. Penentuan sempel dilakukan dengan Teknik purposif sampling. Data dikumpulkan melalui Teknik Observasi, Teknik Tes Belajar serta Teknik Dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan tercapaian indicator. Prosedur yang dilakukan di penelitan ini dilalui delama empat siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengamatan; (4) Refleksi. Hasil analisis data menunjukkan yaitu, penelitian penelitian siklus 1 menyatakan, jumlah indicator penerapan metode Contextual Teaching and Learning sebagai variable tindakan yang timbul sebanyak 19 deskriptor (73 %). Persentase variable harapan berupa peningkatan hasil belajar sebesar 9 peserta didik (34%). Diakhir setiap seklus dilakukan refleksi untuk mengetahui penyebab indicator kinerja belum tercapai dan dilakukan perbaikan. Pada pembelajaran disiklus II mengalami peningkatan sebesar 23 deskriptor (88%). Seiring denga meningkatnya kualitas variable tindakan, kualitas variable harapan semakin tinggi juga. Hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 16 peserta didik (61%). Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 24 deskriptor (92%), dengan hasil belajar peserta didik semakin tinggi menjadi 21 siswa (80%). Di siklus IV mengalami peningkatan sebanyak 26 deskriptor (100%), dengan hasil belajar peserta didik semakin tinggi menjadi 26 peserta didik (100%) berdasarkan data siklus ini ditemukan pola yang tepat ada penerapan metode Contextual Teaching and Learning Pada mata pelajaran PPKn dalam meningkatkan Hasil belajar siswa kelas XI di MAN 2 SUMBAWA Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran PPKn.Downloads
References
Di, I., Darunu, D., & Wori, K. (2017). Peran Pemerintah Desa Dalam Penggunaan Dana Pembangunan Infrastruktur Di Desa Darunu Kecamatan Wori. Jurnal Eksekutif, 1(1).
Gunawan, A., & Arthanaya, I. W. (2019). Fungsi Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik dalam Menyelesaikan Sengketa Hukum Acara Tata Usaha Negara. Jurnal Analogi Hukum, 1(1), 28–33. https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/analogihukum/article/view/1456
Hasan, H. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Contextual Teaching and Learning pada Era New Normal. Indonesian Journal of Educational Development, 1(4), 630–640. https://doi.org/10.5281/zenodo.4560726
Haslan, M., Kurniawansyah, E., & Alqadri, B. (2023). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Untuk Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Belajar Mahasiswa di STKIP Yapis Dompu. 9(3), 1984–1990.
Hidayat, M. (2012). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/insania/article/view/1500/1098
Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar PPKn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235–245. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343
Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. (2019). Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52–56. https://doi.org/10.21067/jmk.v3i2.2955
Nurhidayah, N., Yani, A., & Nurlina, N. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 162–174.
Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 52–59.
Sabil, H. (2011). Penerapan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada materi ruang dimensi tiga menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (MPBM) mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UNJA. Edumatica, 01(01), 44–56.
Saputra, E., Kurniawansyah, E., & Zubair, M. (2023). Upaya Guru PPKn dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMPN 5 Mataram. 8, 523–531.
Seri, E. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Di Kelas X Mia1 Sma Negeri 1 Bubon Aceh Barat. BIOnatural, 6(2), 13–26.
SKRIPSI_NASRUN_E1B017043 (1). (n.d.).
Solechan, S. (2019). Asas-Asas Umum Pemerintahan yang Baik dalam Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal, 2(3), 541–557. https://doi.org/10.14710/alj.v2i3.541-557
Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117–3124. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1285
Suriswo, & Sumartono. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 124–135. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.277
Syafi’aturrisyidah Mustika, Rachma Zakiya Ningtyas Tri, & Zumaroh. (2022). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARANCTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN PKn JENJANG PENDIDKAN DASAR. 3(2), 42–53.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.