KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS DI SMPN 11 MATARAM)

Authors

  • Melina Oliasari University of Mataram
  • Bagdawansyah Alqadri PPKn FKIP Universitas Mataram
  • Mabrur Haslan PPKn FKIP Universitas Mataram
  • Edy Herianto PPKn FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7018

Keywords:

Kata Kunci: Kesulitan belajar, fakto-faktor, PPKn dan Covid-19

Abstract

Kesulitan belajar yang dialami siswa pada masa pandemi covid-19 merupakan hal yang terjadi di SMPN 11 Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) apa saja kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dimasa pandemi covid-19, 2) faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dimasa pandemi covid-19 di SMPN 11 Mataram,  3) Upaya untuk mengatasi penyebab timbulnya kesulitan belajar siswa kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dimasa pandemi covid-19. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus . Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa yang dimasud adalah kesulitan saat mengikuti proses pembelajaran, kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, dan kesulitan untuk menyelesaikan tugas dan latihan. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dimasa pandemi covid-19 diantaranya faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang dimaksud adalah faktor fisiologi dan psikologi, sedangkan faktor eksternal yang dimaksud adalah faktor sosial dan non sosial. Adapun upaya untuk mengatasi penyebab timbulnya kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di masa pandemi covid-19 adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran, peningkatan kenyamanan iklim belajar, memberikan fasilitas yang memadai, menyediakan sumber belajar yang variatif, dan menentukan media pembelajaran yang mudah diakses.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Alqadri B., Kurniawan E., Fauzan. (2021). Habituasi Nilai-nilai Karakter Sebagai Perilaku Anti Korupsi Pada Masyarakat Kajang. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. 8, 2355-4622. Diterima dari: http://www.juridiksiam.unramac.id.index.php/juridiksiam/article/download/178/73

Arlavinda A., & Pujiastuti H., (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP Pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha. 12, 2613-9677. Diterima dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPM/article.view/34786/20936

Astutik, Y., & Harmanto, (2019). Strategi penanaman nilai-nilai moral pada siswa SMK Negeri 1 Pungging Kabupaten Mojokerto. Jurnal kajian moral dan kewarganegaraan, 1(2), 323. File: ///C:/Users/7/Download/3722-6085-1-SM(2).pdf

Bungin, B. (2013). Metode penelitian Sosial & Ekonomi: Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk studi sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Managemen, dan Pemasaran (1 ed.). Kencana Prenada Media Group. https://doi.org/10.1190/segam2013-0137.1

Dinata, Lonto, Jan Rattu. (2021). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn dimasa pandemi Covid-19 di SMPN 1 Dumoga. Jurnal PPKn: Media kajian pancasila dan kewarganegaraan. 96, 2775-2704. Diterima dari https://ejurnal-mapalus-unima-ac.id/index.php./ppkn

Halaluddin, & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. In Sekola (hal. 147). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=if7ADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA13&dq=penelitian+kualitatif+menurut+sugiyono+buku+&ots=CaQVKf8Uredir_esc=yv=onepage&q&f=false

Ismail M. et al. (2022). Analisis Kebutuhan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7, 2502-7069. Diterima dari: https://scholar.google.co.id./citations?view_op=view_citation&hl=id&user=gYzUAdQAAAAJ&sortby=title&citation_for_view_=gYzUAdQAAAAJ:8k81kl-MbHgC

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Sadikin A., Hamidah A., (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6, 2580-0922. Diterima dari: https://repository.unja.ac.id/15758/1/PEMBELAJARAN%20DARING%202020.pdf

Simanjuntak Ritonga N.M., & S. M. Harapan. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Jpurnal), 142-145: Diterima dari: http://journal.ipts.ac.id./index.php/MathEdu

Siyoto, S., & Shodik, A. (2015). Dasar Metode Penelitian. (Ayup(ed.); 1 ed.). Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22 ed.). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta..

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Bandung: Alfabeta.

Yuliatin, Dahlan., Zubair. (2015). Analisis problem pengembangan Pembelajaran Berbasis Potensi Lokas Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 6 Mataram.

Yuliatin.,Zubair M.,Alqadri B. (2022). Lesson Study Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran PPKn di Man 2 Model Mataram. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman. 9, 2355-4622. Diterima dari: https://scholar.google.co.id./citations?view_op=view_citation&hl=id&user=gYzUAdQAAAAJ&pagesize=80&citation_for_view=gYzUAdQAAAAJ:_FxGoFyzp5QC

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>