PEMANFAATAN ZOOMAZE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINGKING PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20539Keywords:
Teknologi Pembelajaran, Permainan Edukatif, Kemampuan Berpikir Kritis, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat di era digital telah memberikan pengaruh signifikan terhadap dunia pendidikan, terutama pada pembelajar usia dini. Penelitian ini mengkaji pengaruh permainan edukatif Zoomaze terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di RA Darul Achwan. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest pada satu kelompok, melibatkan 15 siswa kelompok B sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi selama tahap pretest dan posttest. Hasil awal menunjukkan bahwa sebagian besar anak memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah, dengan skor rata-rata pretest sebesar 28,6. Setelah intervensi menggunakan Zoomaze, sebuah permainan edukatif berbasis labirin yang dirancang untuk merangsang pemikiran logis dan strategis, hasil posttest menunjukkan peningkatan signifikan, dengan skor rata-rata meningkat menjadi 43. Analisis statistik menggunakan uji t-paired sample mengonfirmasi adanya perbedaan signifikan (p < 0,05) antara hasil pretest dan posttest. Temuan ini menunjukkan bahwa Zoomaze secara efektif merangsang kemampuan berpikir kritis anak sambil menjaga keterlibatan dan kesenangan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menegaskan potensi teknologi pembelajaran interaktif untuk memenuhi kebutuhan perkembangan kognitif dalam pendidikan anak usia dini.Downloads
References
Asmara, Adi, (2023) "Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? " Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7.6 (2023): 7253-7261.
Ennis, R. H. (2011). The nature of critical thinking: An outline of critical thinking dispositions and abilities. University of Illinois.
Fitri, Sulidar. (2017) "Dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak: dampak positif dan negatif sosial media terhadap perubahan sosial anak." Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 1.2: 118-123.
Nissa, Luthfatun. (2020) "Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini." ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8.1: 001.
Rahmasari Tila, Pudyaningtyas Adriani Rahma, & Nurjanah Novita Eka. (2021). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Kumara Cendekia, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.20961/kc.v9i1.48175
Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Susanti, Septiani Selly. "Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan anak usia dini." Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2.1 (2020): 65-76.
Zubaidah Siti. (2019). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Retrieved October 9, 2024, from Academia.edu website: https://www.academia.edu/37515670/Berpikir_Kritis_Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.