PENGUATAN CIVIC DISPOSITION MELALUI TRADISI MBOLO WEKI PADA MASYARAKAT SUKU MBOJO STUDI DI DESA DADIBOU KECAMATAN WOHA KABUPATEN BIMA

Authors

  • Miftahul Khairah Universitas Mataram
  • Mohamad Mustari Universitas Mataram
  • Sawaludin Universitas Mataram
  • Edy Kurniawansyah Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12899

Keywords:

Civic Disposition, Mbolo Weki Tradition, Mbojo Tribe

Abstract

Tradisi Mbolo Weki merupakan tradisi yang dapat menumbuhkan sikap kebersamaan, saling membantu dan partisipasi aktif masyarakat untuk terlibat dalam proses kegiatan hajatan yang diselenggrakan oleh masyarakat setempat dengan adanya kegiatan Mbolo Weki yang diterapkan maka rasa kepedualian terhadap sesama masyarakat dapat berdampak pada penguatan watak kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan tradisi Mbolo Weki dan untuk mengetahui penguatan Civic Disposition melalui tradisi Mbolo Weki. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa proses pelaksanaan tradisi Mbolo Weki pada pernikahan di Desa Dadibou Kecamatan Woha Kabupaten Bima terdapat tiga tahap yaitu: tahap persiapan, tahap inti, dan tahap akhir. Bentuk penguatan Civic Disposition melalui tradisi Mbolo Weki di Desa Dadibou yaitu: 1) musyawarah kelompok, 2) pembentukan panitia, 3) penyumbangan, 4) sambutan keluarga, 5) berdo’a dan bersholawat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cholisin. (2010). Penerapan Civic Skills dan Civic Disposition dalam Mata Kuliah Prodi PKn. Diskusi Terbatas Jurusan PKn Dan Hukum FISE, UNY, September, Hlm. 2-10.

Dahlan, D., & Haslan, M. M. (2023). Pengembangan Civic Skills Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Masyarakat Sade Desa Rambitan Lombok Tengah. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan …, 7(2). https://waskita.ub.ac.id/index.php/waskita/article/view/13612

Haryati, T., & Hidayat, A. G. (2019). Makna Sumbang (Mbolo Weki) pada Acara Pernikahan Masa Kini (Studi Kasus) di Desa Monggo Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 397–404.

John Creswell. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jumiati, N., Hamidsyukrie, H., & Suryanti, N. M. N. (2023). Nilai Solidaritas Sosial dalam Tradisi Mbolo Weki Pada Adat Perkawinan Suku Bima (Mbojo) di Desa Rabadompu Kecamatan Raba Kota Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 829–833. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1304

Kamus Besar Bahasa Indonesia, lihat: https://kbbi.web.id/janur

Kurniawansyah, E., & Sumitro, S. (2020). Peran Media Massa Dalam Pengembangan Budaya Akademik Mahasiswa Kabupaten Sumbawa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 254–262. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1205

Mustari, M. (2011). Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan Karakter Yogyakarta: LaksBang PRESSindo.

Mustari, M. (2012). Pengantar Metode Penelitian.

Rahayu, E. P. (2022). Analisi Civic Disposition dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas VI SDN 3 Bangunsari. http://etheses.iainponorogo.ac.id/18726/%0Ahttp://etheses.iainponorogo.ac.id/18726/1/EKA PUJI RAHAYU 203180158 PGMI.pdf

Sawaludin, S., Haslan, M. M., & Basariah, B. (2022). Eksistensi dan Peran Elit dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Masyarakat Dusun Sade Desa Rambitan Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2426–2432. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.941

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, CV.

Wawan Mulyawan, E. a. (2020). Mbolo Weki dan Mbolo Rasa sebagai Manifestasi Budaya Kasama Weki (Studi pada Kelurahan Rabadompu Timur Kota Bima). Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, Vol.7(No.2), 271.

Downloads

Published

2024-03-12

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>