PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS VII DI SMPN 10 MATARAM
Keywords:
Kata Kunci: Jigsaw, Quizizz, Hasil BelajarAbstract
Penggunaan model dan media pembelajaran penting untuk dilakukan dalam proses pembelajaran dikarenakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. melalui model dan media pembelajaran siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa juga mampu mengembangkan kemampuannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: apakah ada pengaruh implementasi dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 10 Mataram. Pendekatan yang digunakan yakni kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan tipe noequivalent control. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji N-gain, uji prasyarat yaitu uji normalitas (Chi kuadrat), uji homogenitas (uji-f) dan uji hipotetis menggunakan uji-t. berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung>ttabel (4,77>1,99) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan quizizz berpengaruh pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 10 Mataram.Downloads
References
Hariyanto. (2020). Buku Ajar Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN). Mataram Sanabil.
Herianto, Edy., dkk. 2022. Pendidikan Kewarganegaraan Digital. Bandung: Widia Bhakti Persada Bandung.
Sugiyono. (2018). Metodo Penelitian Manajemen Pendekatan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), penelitian evaluasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung
Artikel :
Astika, S., Herianto, E., & Sumardi, L. (2023). Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn. 8.
Firmansyah, L. Y., Andriani, A., & Suliswati, L. (2021). Meningkat Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Media Permainan Edukasi. 674–682.
Feni, F., & Herianto, E. (2023). Pengaruh Penggunaan Buku Siswa Elektronik Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Kelas VII SMPN 2 Kuripan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3921-3935.
Furqan, I., Ismail, H. M., Fauzan, A., & Herianto, E. (2022). Pengaruh Pengajaran Bauran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 8 Mataram. Palapa, 10(2), 217–227. https://doi.org/10.36088/palapa.v10i2.1927
Herianto, E. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Slide Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PPKn Kelas XI Di SMKN 4 Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 257-268.
Herianto, E., Ismail, M., Dahlan, D., Mustari, M., & Sawaludin, S. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Portofolio Berbasis Hots Di Sekolah Menengah Pertama. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).
Herianto, E., Ismail, M., Dahlan, D., Mustari, M., & Sawaludin, S. (2023). Mewujudkan Pembelajaran yang Inovatif di Madrasah melalui Pelatihan Portofolio Berbasis HOTS. Jurnal Gema Ngabdi, 5(1), 68–77. https://doi.org/10.29303/jgn.v5i1.249
Herianto, E. (2023). Pengembangan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Integrasi Media Monopoli. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(1), 75-83.
Jaya Wibawa, I. M. A., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 115. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17665
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 279–295. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704
Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom, Google Form, dan Quizizz dalam Pembelajaran Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.
Rauhun, R. (2022). Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di SD Negeri 25 Mataram. Jurnal Paedagogy, 9(2), 314. https://doi.org/10.33394/jp.v9i2.4914
Rostika, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Script. Journal of Educational Development, 1(2), 240–251. https://journal.actual-insight.com/index.php/pedagogi/article/view/594
Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XiI Di MAN 12 Jakarta Skripsi. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Wardana, M. A. W., Saddhono, K., & Rakhmawati, A. (2022). Peningkatan Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa pada Siswa Disleksia Melalui Metode Team Games Tournament dengan Menggunakan Media Pembelajaran berbasis Quizizz. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(1), 71–82. https://doi.org/10.26740/jdmp.v7n1.p71-82
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.