EKSPLORASI POTENSI KEARIFAN LOKAL SASAK DESA BAYAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PPKN SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS X

Authors

  • Yulia Kartika Yanti Universitas Mataram
  • Lalu Sumardi Universitas Mataram
  • Sawaludin Universitas Mataram
  • Yuliatin Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11253

Keywords:

Desa Bayan, Kearifan lokal, Sumber Belajar, PPKn

Abstract

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagamannya. Salah satu keberagaman yang ada ialah kearifan lokal sesuai dengan ciri khas di setiap daerah. Termasuk di Nusa Tenggara Barat, khususnya Desa Bayan yang masih hidup khas dengan kearifan lokalnya. Namun, kearifan lokal semakin terkikis oleh zaman dengan adanya arus globalisasi yang masuk ke Indonesia dan menimbulkan fenomena degredasi moral di kalangan remaja. Oleh karena itu hal in dapat diatasi melalui pembenahan pendidikan yang di tekankan pada inovasi pembelajaran disetiap pembelajaran, termasuk melalui mata Pelajaran PPKn. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kearifan lokal sasak desa Bayan yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar PPKn SMA kelas X. (2) Untuk mengetahui keterkaitan kearifan lokal sasak desa Bayan dengan materi PPKn SMA kelas X. pendekatan penelitian ini menggunakan pendektan kualitatif dengan jenis etnografi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengkajian dokumentasi dan wawancara yang dilakukan dengan tokoh agama, pemangku adat dan pakar PPKn, yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Data-data yang di dapatkan dianalisis menggunakan kondensasi data, display, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan kekayaan kearifan lokal sasak desa Bayan yang mampu dikaitkan dan dijadikan sebagai sumber belajar PPKn SMA Kelas X.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakry, U. S. (2017). Pemanfaatan Metode Etnografi dan Netnografi Dalam Penelitian Hubungan Internasional. Jurnal Global & Strategis, 11(1), 15. https://doi.org/10.20473/jgs.11.1.2017.15-26

Cahyadi,A(2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar.Serang Baru: Penerbit Kota Laksita Indonesia.

Eka Putri Paramita, I Wayan, & Dian Lestari Miharja. (2022). Perilaku Komunikasi Masyarakat Adat dalam Mempertahankan Kelestarian Budaya Pada Desa Adat Bayan, Kabupaten Lombok Utara. SeNSosio Unram, 3, 131–143.

Fitriya, A. H., Antariksa, Sari, N., Harisanti Fitriya, A., Antariksa, & Sari, N. (2009). Pelestarian Pola Permukiman Di Desa Adat Bayan Kabupaten Lombok Utara (Preservation of Settlement Patterns in Bayan Traditional Village, North Lombok Regency). Arsitektur E-Journal, 2(3), 49–57.

Haslan, M. M., Rispawati, Fauzan, A., Yuliatin, & Basariah. (2022). Penyuluhan Tentang Kenakalan Dan Penanganannya Di Smp Negeri 2 Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 317–324. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i4.2501

Heri, Y., Sriartha, I. P., & Suastika, I. N. (2021). Pengembangan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Suku Sasak Sebagai Suplemen Materi Ajar Pada Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 4 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur. Media Komunikasi FPIPS, 20(2), 118. https://doi.org/10.23887/mkfis.v20i2.36799

Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi Branding Bandung Giri Gahana Golf Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 159.

Putri Nur Fauziah 1 , Lalu Sumardi 2 , Ahmad Fauzan 3 , Muh.Zubair 4 (2023).Ethnocivic: eksplorasi potensi kearifan lokal sasak sebagai sumber belajar ppkn SMP kelas VII, 2443–2453.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603

Sawaludin, S., Haslan, M. M., & Basariah, B. (2022). Eksistensi dan Peran Elit dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Pada Masyarakat Dusun Sade Desa Rambitan Lombok Tengah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2426–2432. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.941

Siskayanti, J., & Chastanti, I. (2022). Analisis Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1508–1516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2151

Sumardi, L., Mustari, M., Herianto, E., Fauzan, A., Kurniawansyah, E., Pendidikan, I., & Mataram, U. (2023). Ethnocivic : Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak sebagai Sumber Belajar PPKn Sekolah Menengah Atas Kelas XII. 5(2).

Sumardi, L., & Wahyudiati, D. (2022). Beguru: Menggali Prinsip-Prinsip Penyiapan Sarana dan Prasarana Pendidikan Dalam Kearifan Lokal Sasak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 7(6), 230. https://doi.org/10.17977/jptpp.v7i6.15276

Wahyudiati, D., & Fitriani, F. (2021). Etnokimia: Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak Sebagai Sumber Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2), 102. https://doi.org/10.23887/jpk.v5i2.38537

Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Yuliatin, Y., Sawaludin, S., & Haslan, M. M. (2022). Kearifan Lokal Suku Sumawa yang dapat Diintegrasikan dalam Pembelajaran PPKn SMP. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 9(2), 7. https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.6832

Downloads

Published

2023-12-14

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>