NILAI-NILAI DEMOKRASI DALAM PEMILIHAN PRESIDEN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MATARAM TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11612Keywords:
Nilai Demokrasi, Pemilihan Presiden Mahasiswa, Universitas MataramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai demokrasi dalam pemilihan presiden mahasiswa di universitas mataram tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai demokrasi pada pemilihan presiden mahasiswa di universitas mataram tahun 2022 yaitu nilai kebebasan berpendapat, kebebasan berkelompok, kebebasan berpartisipasi, kesetaraan antar warga/Toleransi, kesetaraan gender, kedaulatan rakyat, rasa percaya, dan nilai kerja sama. Selain itu terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam memberikan nilai demokrasi pada pemilihan presiden mahasiswa di Universitas Mataram tahun 2022. Faktor pendukungnya yaitu pihak penyelenggara yang memeberikan ruang kepada mahasiswa untuk berpartisipasi sehingga ototmatis memberikan ruang terciptanya nilai demokrasi. Sedangkan faktor penghambatnya banyaknnya masalah yang sengaja diciptakan dan dilatarbelakangi oleh adanya provokasi dan rekayasa konflik yang menimbulkan berbagai kericuhan. Permasalahan dan kericuhan yang terjadi ini menyebabkan banyaknya pelanggaran terhadap nilai demokrasi. seperti adanya dorongan atau paksaan, pelanggaran terhadap toleransi beragama, rekayasa konflik, dan yang terakhir panitia yang tidak netral.Downloads
References
Abadi, F. (2021). Eksekutif Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat ( Bem Ulm ) Berbasis Elektronik. 08(3), 291–304.
Agus Firmansyah, Mohamad Mustari, Basariah, E. K. (2023). Nilai-Nilai Kewarganegaraan Dalam Tradisi Sampo Ayam (Studi Deskriptif Di Desa Tamekan). 08(September), 1–23.
Anggraeni, D., & Suhartinah, S. (2018). Toleransi Antar Umat Beragama Perspektif KH. Ali Mustafa Yaqub. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 14(1), 59–77. https://doi.org/10.21009/jsq.014.1.05
Alwan, M. Z., & Warsono, W. (2021). Penerapan Demokrasi Pancasila Dalam Proses Pemilihan Ketua Umum Himnas Ppkn Pada Kongres Dan Rakernas Di Universitas Negeri Yogyakarta Tahun 2018. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 9(1), 218–232. https://doi.org/10.26740/kmkn.v9n1.p218-232
Amelia Zahra, K. (2023). Kebebasan Berpendapat Organisasi Siswa Intra Sekolah ( Osis ) Di Sma Negeri Ngoro. 235–242.
Amin, M., Amran, T. S., & Mustari, N. (2014). Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Politik Di Pesyarikatan Muhammadiyah Kabupaten Bone. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 9(2), 323.
Aulawi, A., & Srinawati. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Dalam Pengambilan Keputusan Organisasi Untuk Meningkatkan Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Smk Darus Syifa Kota Cilegon.
Bakhri, S., Astuti, T. M. P., & Handoyo, E. (2018). Aspek Demokrasi Dalam Pemilihan Umum Raya Online Presiden Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Tahun 2011. Solidarity : Journal Of Education, Society, And Culture, 2(2), 112–119.
Budiarti, A. P. (2017). Implementasi Nilai-nilai Demokrasi dalam Pemilihan Ketua Osis di SMP Negeri 38 Semarang Tahun 2016.
Gifari, A., Rispawati, & Yuliatin. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menumbuhkan Nasionalisme Di Lingkungan Sekolah Islam. Pendidikan Sosial Keberagaman, 6(2), 41–53.
Negara, A. I. S. (2018). Rancangan Peraturan Mahasiswa Tentang Pemilihan Umum Raya Universitas Mataram.
Nugrahaeni, R. (2015). Motivasi Karyawan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Suryawati, N. (2018). Sipendikum 2018. 116–123.
Susilowati, E. (2019). Peranan panitia pengawas pemilu kecamatan terhadap pelanggaran pemilu di kecamatan pahandut palangka raya. Morality : Jurnal Ilmu Hukum, 5, 37–49.
Tarigan, P. B. (2021). Implentasi Demokrasi Di Indonesia. Journal Of Chemical Information And Modeling Nd, 53(9), 1689–1699.
Qory Jumrotul Aqobah, Masnur Ali, G. D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.