IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA DALAM TRADISI MANDIQ BEKAWIN PADA PERKAWINAN ADAT SASAK (STUDI DI DESA LENEK RAMBAN BIAK KECAMATAN LENEK KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

Authors

  • Fitria Juniarti Prodi PPKn, Universitas Mataram
  • Edy Herianto Prodi PPKn, Universitas Mataram
  • Edy Kurniawansyah Prodi PPKn, Universitas Mataram
  • Muh.Zubair Prodi PPKn, Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10749

Keywords:

Nilai Pancasila, Tradisi, Perkawinan adat

Abstract

Globalisasi mempunyai dampak negatif yang merubah berbagai bidang kehidupan manusia seperti melemahnya pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan alternatif untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila. Menyadari kondisi tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola pengembangan implementasi nilai Pancasila pada rangkaian tradisi mandiq bekawin. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis etnografi. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan tradisi mandiq bekawin mengimplementasikan 30 dari total 45 butir nilai Pancasila dalam 5 sila Pancasila. 30 butir nilai tersebut diimplementasikan dalam rangkaian proses mandiq bekawin seperti musyawarah, gotong royong, nilai keagamaan, toleransi, saling menolong, keadilan dan persatuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3(1), 620–628.

Darwis, R. (2017). Tradisi Ngaruwat Bumi dalam Kehidupan Masyarakat (Studi Deskriptif Kampung Cihideung Girang Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang). Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 2(1), 75–83.

Herianto, E., Dahlan, & Indrawati, S. (2019). Aspek Pendidikan Nilai Pancasila dalam Perkawinan adat Mbojo (Studi di Desa Soro Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 1(6), 46–56.

Herianto, E., Sumardi, L., Mustari, M., Fauzan, A., & Kurniawansyah, E. (2023). Ethnocivic : Eksplorasi Potensi Kearifan Lokal Sasak sebagai Sumber Belajar PPKn Sekolah Menengah Atas Kelas XII. Jurnal of Classroom Action Research, 5(2).

Kaelan. (2016). Pendidikan Pancasila (11th ed.). Paradigma.

Kurniawansyah, E., & Rodiatun, I. F. (2022). Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Kegiatan Pekan Sabtu Budaya di SMA Negeri 1 Keruak. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Pendidikan IPA, 5(2), 290–294.

Moleong, L. (2021). Metodologi Penelitian Kulitatif (40th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Rispawati, Fauzan, A., Salam, M., & Dahlan. (2022). Internalisasi Nilai-nilai karakter Melalui Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 09(01), 1–12.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (28th ed.). Alfabeta.

Tripayanan, A., Mufidah, N., Handayani, N., & Basyariah. (2021). Internalisasi Nilai-nilai pandidikan Karakter pada Tradisi Magibung. Jurnal Edueksos, 10(1), 135–148.

Zubair, M., Ismail, M., & Bagdawansyah, A. (2019). Rekonstruksi Nilai Pancasila dengan Pendekatan Local Wisdom Masyarakat Sasak Sebagai Upaya Penyelamatan Identitas Nasional Melalui Mata Kuliah Kewarganegaraan di Universitas Mataram (Studi Deskriptif di Nusa Tenggara Barat). Jurnal Ilmiah Pena Sains Dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–8.

Downloads

Published

2023-11-04

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>