PERAN ORGANISASI KEMAHASISWAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB ANGGOTA PADA HMP2K UNIVERSITAS MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12135Keywords:
Kata Kunci: HMP2K Universitas Mataram, Karakter Kepedulian Sosial dan Tanggung Jawab, AnggotaAbstract
Pendidikan karakter akan berguna sebagai bekal pengetahuan peserta didik untuk bisa memilki integritas moral yang baik ketika melakukan interaksi sosial dengan masyarakat yang ada disekitarnya. Di perguruan tinggi sendiri, pendidikan karakter bukan hanya akan di dapatkan ketika di ruang kelas formal saja, namun pendidikan karakter khususnya karakter kepedulian sosial dan tanggung jawab juga bisa di dapatkan oleh mahasiswa melalui organisasi mahasiswa yang ada di dalam kampus, salah satunya HMP2K. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Peran Organisasi Kemahasiswaan dalam Membangun Karakter Kepedulian Sosial dan Tanggung Jawab Anggota pada HMP2K Universitas Mataram, 2) Faktor Pendukung dan Penghambat Organisasi Kemahasiswaan dalam Membangun Karakter Kepedulian Sosial dan Tanggung Jawab Anggota pada HMP2K Universitas Mataram. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah dapatkan kemudian akan dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan hasil bahwa HMP2K memilki peran membangun karakter kepedulian sosial dan tanggung jawab anggota melalui program kerja yang diadakan oleh organisasi. Dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan sampai dengan tahap evaluasi program kerja. Dalam membangun karakter kepedulian sosial dan tanggung jawab anggota, HMP2K menemui beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukung dari segi internalnya adalah rasa kepedulian dan kekeluargaan yang tinggi antar anggota HMP2K Universitas Mataram, adanya ketegasan organisasi berupa pemberian hukuman bagi anggota yang tidak bertanggung jawab dan adanya kerjasama antar pengurus harian dan anggota. Faktor pendukung dari segi eksternal yaitu adanya dukungan dari Pembina dan pihak universitas. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dari segi internal adalah minimnya kedisplinan anggota dalam melaksanakan program kerja, kurang fokusnya anggota dalam menjalankan program kerja dan sulitnya menyesuaikan jadwal kegiatan organisasi dengan kegiatan akademik anggota. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dari segi eksternal yaitu minimnya koordinasi antar Pembina dengan anggota dan dana dari universitas yang terkadang lambat dicairkan jika ada pelaksanaan program kerja organisasi Kata Kunci: HMP2K Universitas Mataram, Karakter Kepedulian Sosial dan Tanggung Jawab, AnggotaDownloads
References
Ardiansyah, A., Yuliatin, Y. & Zubair, M. 2021. Peran Karang Taruna dalam Penumbuhkembangan Moral Generasi Muda (Studi di Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 8(1): 54–65.
Kosasih 2016. Peranan Organisasi Kemahasiswaan dalam Pengembangan Civic Skill Mahasiswa. Pendidikan Ilmu Sosial, 25.
Kurniawansyah, E. & Sumitro, S. 2020. Peran Media Massa Dalam Pengembangan Budaya Akademik Mahasiswa Kabupaten Sumbawa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(3): 254–262.
Listyarti Retno 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi.
Mustari, M. 2011. Refleksi Untuk Pendidikan Karakter. 1–13.
Peraturan Rektor Universitas Mataram No.9 Tahun 2019 tentang Pedoman Organisasi Kemahasiswaan Universitas Mataram
Samani, M.& H. 2020. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Winardi, J. 2016. Teori Organisasi & Pengorganisasian. PT. Rajagrafindo Persada, 16: 20.
Zubaedi 2011. Desain penidikan Karakter. Jakarta: Kencana Panada Media Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.