IMPLEMENTASI PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS SISWA BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SMK NEGERI 3 KOTA BIMA

Authors

  • Nurul Aulia Apriyanti Universitas Mataram
  • Mohamad Mustari Universitas Mataram
  • Edy Kurniawansyah

Keywords:

Kata Kunci: Penguatan Karakter,Religius ,Budaya Sekolah.

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh pendidik melalui bimbingan, pengajaran dan pelatihan untuk membantu peserta didik dalam proses diri menjadi pribadi yang dewasa secara moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penguatan karakter religius pada siswa berbasis budaya sekolah di SMK Negeri 3 Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi fenomenologi yang menjelaskan tentang bagaimana individu secara subjektif merasakan pengalaman dan memberikan makna dari fenomena tersebut.Sedangkan teknik pengumpulan data  menggunakan teknik Observasi,Wawancara dan Dokumentasi . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi penguatan karakter religius siswa berbasis budaya sekolah ada 3 cara pengimplementasian yaitu :1. kegiatan rutinitasas  keagamaan, 2.Kegiatan Belajar mengajar (KBM), 3. Kegiatan Estrakurikuler . Selain itu juga terdapat nilai karakter religius pada pelaksanaan kegiatan penguatan karakter religius yaitu nilai kedisiplinan, cinta tanah air, patriotisme, sosial., kerja sama ,kejujuran ,keadilan dan sportivitas dan tanggung jawab .

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tafsir. (2007). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT Rosdakarya.

Agus Wibowo.(2012). Pendidikan Karakter:Strategi Memebangun Karakter Bangsa Berpradaban.Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Anggraeni,(2018). Mengenai Program Penguatan Pendidikan Karakter

Amini Rahmania.(2019).Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Menengah

Asmani, Jamal Makmur. (2012). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Budiarti ,M.T.V (2019) Pengelolaan Karakter Sebagai Upayah Meningkatkan Karakter Peserta Didiik.

Darmadi, Hamid. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Daryanto dan Suryatri, Darmiatun. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Heri Gunawan. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Impementasi. Bandung: Alfabeta.

Kamil ,(2015). Pembentukan Karater Disiplin Pada Anak Melalui Pendidikan Keluarga.

Kamus Bahasa Indonesia. (2008).

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010).

Kurniawansyah Edy & Rodiatun, I. F. Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Kegiatan Pekan Sabtu budaya di SMA Negeri 1 Keruak, Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, Vol. 5, No. 2, (2022).

Ibid ,.Hlm 17. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah

Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensis, divisi Penerbit Erlangga.

Mardyawati, Model Pembelajaran Karakter di Pondok Pesantren, Ash-Shahabah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, Vol. 1, No. 2, Juli (2015).

Margono. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhammad Alim (2011) Pendidikan agama islam upaya pembentukan pemikiran dan kepribadian muslim

Maryamah, Eva. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah, TERBAWI, Vol.2 No.2.

Muhammad Furqan Hidayatullah. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Marzuki. (2017). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: AMZAH.

Marzuki (2015:28) . Pendidikan Karakter Daam perspektif Islam

Masnur Muslich. (2018). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Amzah

Mustari Mohamad dan M. Taufiq Rahman. (2012). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: LaksBang Prssindo.

Mustari Mohamad dan M. Taufiq Rahman. (2014). Manajemen Pendidikan. Jakarta: RajaGrafika Persada.

Muchlas Samani dan Hariyanto. (2019). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ajat Sudrajat, Mengapa Pendidikan Karakter?, UNY: Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 1, No. 1, Oktober (2011), h. 53.

Amir, F.A. dan M. D. Kusuma. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives 2(1): 117-128.

Kurniawansyah Edy, dkk. Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Wawo, Jurnal Penelitian, Vol. 8, No. 2, Desember (2021).

Downloads

Published

2023-08-22

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>