HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN SISWA KELAS IX SMPN 1 LAPE

Authors

  • M. Guntur Sambaralam Universitas Mataram
  • Bagdawansyah Alqadri PPKn FKIP Universitas Mataram
  • Mabrur Haslan PPKn FKIP Universitas Mataram
  • Edy Herianto PPKn FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7226

Keywords:

Disiplin Belajar, Hasil Belajar, PPKn

Abstract

Disiplin belajar adalah bentuk ketaatan, kesadaran dan kemauan siswa untuk mentaati peraturan tertulis dan tidak tertulis yang berlaku, dengan tujuannya adalah untuk menimbulkan perubahan tingkah laku, sikap, kebiasaan, pengetahuan dan keterampilan siswa untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga suasana belajar yang menjadi lebih efektif serta tujuan pembelajaran tercapai. Dalam penelitian ini, disiplin belajar dibagi menjadi empat sub indikator, yaitu disiplin belajar, disiplin mengatur waktu, disiplin menyelesaikan tugas, dan disiplin menegakkan tata tertib sekolah. Terciptanya suasana belajar yang kondusif dan efisien sangat dipengaruhi oleh sikap disiplin belajar yang diterapkan siswa dalam kesehariannya, sehingga mampu menunjang hasil belajar menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PPKn pada siswa kelas IX SMPN 1 Lape. Menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional, kemudian mengambil sampel dari siswa kelas IX SMPN 1 Lape. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling serta teknik dokumentasi dan kuesioner digunakan sebagai metode pengumpulan datanya. Dari hasil pengujian hipotesis, dapat dinyatakan bahwa terdapat korelasi antara disiplin belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn yaitu sebesar 0,660 > 0,266. Oleh karena itu dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran PPKn siswa kelas IX SMPN 1 Lape tahun pelajaran 2022/2023.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alqadri, Bagdawansyah, Edy Kurniawansyah, and Ahmad Fauzan. 2021. “Habituasi Nilai-Nilai Karakter Sebagai Perilaku Anti Korupsi Pada Masyarakat Kajang.” Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman 8(1):10–29. doi: 10.29303/juridiksiam.v8i1.178.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Indrianti, Rufi, Sutrisno Djaja, and Bambang Suyadi. 2018. “Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya Dan Kewirausahaan.” JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 11(2):69. doi: 10.19184/jpe.v11i2.6449.

Ismail, Muh., Muh. Zubair, Bagdawansyah Alqadri, and Basariah. 2022. “Analisis Kebutuhan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran PPKn.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7(4b):2442–47. doi: 10.29303/jipp.v7i4b.1027.

Safna, Oktaviangga Putri, and Siti Sri Wulandari. 2018. “Pengaruh Motivasi, Disiplin Belajar, Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme 4(2):140–54.

Santoso, Singgih. 2012. Panduan Lengkap SPPS Versi 26. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Sari, Bella Puspita, and Hady Siti Hadijah. 2017. “Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 2(2):122. doi: 10.17509/jpm.v2i2.8113.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, and Agus Susanto. 2015. “Cara Mudah Belajar SPSS Dan Lisrel.”

Sukmanasa, Elly. 2016. “Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar 7(1):11–24.

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Yuliatin, Yuliatin, Muh Zubair, and Bagdawansyah Alqadri. 2022. “LESSON STUDY PENERAPAN MODEL PEMBELAJAJARAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MAN 2 MODEL MATARAM.” Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman 9(1):17–25. doi: 10.29303/juridiksiam.v9i1.301.

Downloads

Published

2023-05-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>