ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA DISPLAY PAPAN BULETIN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA DI SDN 2 SUKOBENDU

Authors

  • Yuana Sovia Rini Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Arfian Mudayan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Humairah PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11784

Keywords:

Media Display, Papan Buletin, Pembelajaran Tematik

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang sudah diterapkan di tingkat sekolah dasar sudah sangat beragam, namun dilihat dari penggunaanya belum sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik yang sesungguhnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media display papan buletin pada pembelajaran tematik siswa kelas 3 di SDN 2 Sukobendu. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan kisi-kisi instrumen penelitian untuk mengumpulkan data yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data, analisis data dan penafsiran data. dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Langkah pembelajaran yang sudah dilakukan oleh guru kelas 3 dalam penggunaan media display papan buletin belum sepenuhnya sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Terlihat dari observasi kedua yang dilakukan oleh peneliti, dimana guru belum maksimal dalam mempersiapkan media display papan buletin yang akan digunakan. Metode pembelajaran yang digunakan guru belum bervariatif sehingga proses penyampaian materi dengan menggunakan media display papan buletin kurang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisiyah, T. N. (2022). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di MI Muhammadiyah Singasari. 11.

Aras, L., DH, S., Amran, M., & Dzikru, N. A. (2022). HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DENGAN MINAT BELAJAR Pendahuluan Pendidikan adalah suatu proses yang dilakukan oleh suatu negara mencetak sumber daya manusia berkualitas tentunya dipengaruhi oleh mutu pendidikan . Hal ini sejalan dengan isi Undang-Undang. 101–111.

Aulia, M., Dwi Puspitasari, W., & Cahyaningsih, U. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Tematik Bulletin Board Display Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Sdn Sindang I. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , 1, 1386–1391. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/202

Chotib, S. H. (2018). Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 1(2), 109–115.

Fahri, M. U. (2020). Pemanfaatan Media Display Pada Proses Pembelajaran. November. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/s54fk

Fajrin, R., Ana, R., Fajrin, R., & Ana, R. (2020). Persepsi siswa terhadap keterampilan mengajar guru menggunakan media visual. 4(2), 50–65.

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMA N 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018, 1(2005), 508–512.

Karo-karo, I. R. K., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Axiom, 7(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Malihah, S., Jamaludin, U., Studi, P., Dasar, P., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA. 10, 316–328.

Mawaddah, N., Sa’ida, N., Budiman, A., & Suweleh, W. (2023). Pengaruh Media Pop-Up Digital terhadap Penanaman Karakter Toleransi Anak Usia 3-4 Tahun di KB Aisyiyah 16. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(02), 53–62. https://doi.org/10.46963/mash.v6i02.875

Nursiam, Natipulu, E., & Fatimah, F. (2023). PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI KECAMATAN TAPIAN DOLOK. 08(September).

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Prenada Media.

Rizky, D. L. A., & Shofiyah, N. (2023). PENGARUH PENGGUNA MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. 08(September), 3918–3930.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Deepublish.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D. Alfabeta.

Syadiah, D., Putro, S., & Indrayati, A. (2017). Edu Geography EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DISPLAY. 5(2), 18–25.

Downloads

Published

2024-01-04

Most read articles by the same author(s)