PENERAPAN MEDIA E-BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Syajar Tamarani Firdaus Syajar Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Linaria Arofatul Ilmi Uswatuh Khasanah PGSD Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Humairah PGSD Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12595

Abstract

Teknologi pendidikan saat ini juga mengalami perkembangan yang juga dijadikan sebagai penyelesaian permasalahan pendidikan yang ada. akan tetapi masih banyak pendidik yang kurang mengikuti perkembangan zaman sehingga masih menggunakan metode pembelajaran ceramah. Hal tersebut tentunya membuat siswa bosan mengikuti kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian tindakan kelas ini menerapkan media e-book untuk mengetahui peningkatan dalam membaca pemahaman. Subjek dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III di SD Muhammadiyah 2 Banjarejo. Sebelum digunakan instrumen penelitian ini dilakukan validasi materi dan validasi media. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu test (pretest dan posttest), observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kevalidan media e-book pembelajaran yang dinyatakan layak digunakan.(2) terjadinya peningkatan membaca pemahaman pada siswa setiap siklusnya. (3) media pembelajaran e-book efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-book sangat berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman di sekolah dasar. Oleh karena itu media pembelajaran e-book layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 150–157.

Humairah, Rismawanda, R., Pratiwi, R. D., Hariyanti, N. V. N., & Rini, Y. S. (2023). Minat, Analisis Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Belajar Siswa Kelas 5 Sdn 2 Tambakrigadung. Pendas: Prmary Education Journal, 4, 30–35.

Khasanah, L. A. I. U., MZ, A. S. A., & Irmaningrum, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Menulis Surat Resmi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JJP:Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 125–130.

Labetubun, M. A. H. (2019). Aspek Hukum Hak Cipta Terhadap Buku Elektronik (E-Book) Sebagai Karya Kekayaan Intelektual. Sasi, 24(2), 138.

Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-Book Interaktif. JKTP, 1(1), 71–76.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran. Jejak Publisher.

Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. K-Media.

Fahrizandi, F. (2019). Mengenal E-Book Di Perpustakaan. Pustabiblia: Journal Of Library And Information Science, 3(2), 141–157.

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca Di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33.

Downloads

Published

2024-03-05