PENGEMBANGAN E-COMIC BERBANTUAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.17757Keywords:
Penggunaan Media, E-Comic, MatematikaAbstract
Penggunaan media pembelajaran memperlukan pemanfaatan teknologi, tetapi guru merasa masih kesulitan terhadap pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sehingga media pembelajaran yang digunakan masih terkesan monoton dan kurang menarik yang mengakibatkan siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran terutama dalam pembelajaran Matematika materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media digital berupa E-Comic Berbantuan Canva dalam pembelajaran Matematika materi pecahan siswa kelas IV di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu validasi ahli, angket respon siswa dan angket aktivitas siswa. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Kemala Bhayangkari 5 Lamongan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pengembangan E-Comic Berbantuan Canva dapat disimpulkan: (1) Kevalidan pada media pembelajaran E-Comic Berbantuan Canva yang dinyatakan valid digunakan dengan presentase ahli media 92%, ahli desain 93%, dan ahli materi 96%. (2) Kepraktisan E-Comic Berbantuan Canva pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan dengan presentase 89% dan 95% yang dapat dinyatakan bahwa praktis digunakan dalam proses pembelajaraan. (3) Keefektifan E-Comic Berbantuan Canva pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan dengan presentase 87% dan 95% yang dapat dinyatakan bahwa efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penggunan media Berbantuan Canva sangat valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Downloads
References
Afifah, F. N., Zativalen, O., Humairah, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran 3 Dimensi Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas6 Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. 2(01), 5130-5131.
Afriana, Santy, and Andi Prastowo. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic Dalam Menumbuhkan Motivasi Dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 22(1):41.
Andriani, N. (2019). Penerapan Media Komik Digital terhadap Pemahaman Pembelajaran Matematis Siswa SMP. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 31–38. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.
Aryanti, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan Melalui Media Visual Di Kelas Iv Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1): 27–34.
Humairah, H., Rismawanda, R., Khamidah A, Z., Mubarok, M. S., & Saud, A. S. (2021). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembalajaran RAPATJURANG (Cara Cepat Penjumlahan dan Pengurangan). JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(01), 8–13.
Humairah, H., Zativalen, O., & Nurhasanah, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika MI Muhammadiyah I Payaman. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 82–86.
Indriasih, A., Sumaji, Badjuri, dan Santoso. (2020). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukita: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2): 154–162.
Khotimah, N., Ratnawuri, T., dan Pritandhari, M. (2021). Pengembangan E-comic Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Kelas Xl SMA Paramarta 1 Seputih Banyak Lampung Tengah. Edunomia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(1): 49–58.
Kristiyanto, D., dan Rahayu, T. S. (2020). Development Of Comic Media On Learning Theme 7 Sub- Theme 4 In Third Grade Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 4(4): 530–536.
Lestiyani, P. (2020). Analisis Persepsi Civitas Akademika Terhadap Konsep Merdeka Belajar Menyongsong Era Industri 5.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3): 365.
Luh Putu Ari Laksmi, N., dan Wayan Suniasih, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1): 56–64.
Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur'an, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, (3)1: 171.
Putri, S. K., MZ., A. F. S. A., & Zativalen, O. (2024). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Meningkatkan Pemahaman Materi IPA Kelas V Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 1042–1049.
Ruiyat, Suci A dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).
Triatmojo, J., Fadillah, S., dan Sandie, S. (2021). Pengembangan E-Comic sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(4): 331.
Wijayanto, Y. I., Sumadi, S., dan Raharja, S. P. (2022). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Local Wisdom Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas VII SMP/MTs. THEOREMA: The Journal Education of Mathematics, 3(1): 38–50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.