IMPLEMENTASI MODEL CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SDN 4 MADE LAMONGAN

Authors

  • Seviatin Nurwahidah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Rizka Novi Irmaningrum PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Arfian Mudayan PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11542

Keywords:

Hasil Belajar, Implementasi, Model CTL (Contextual Teaching and Learning)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SDN 4 Made Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas 3 SDN 4 Made Lamongan. Data penelitian yang diukur adalah hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata  nilai post-test untuk kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil validasi butir soal dengan keseluruhan soal dikatakan valid, hasil reliabilitas dengan kategori sangat tinggi, daya pembeda dengan rata-rata kategori hasil baik dan baik sekali, taraf kesukaran dengan beberapa soal bertaraf mudah, sedang dan sukar. Hasil uji normalitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdistribusi secara normal, pada uji homogenitas menunjukkan bahwa nilai Sig. > 0,05 dengan artian bahwa data yang diberikan adalah homogen, analisis uji T 0.001 < 0.05 yang berarti dengan menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkat hasil belajar siswa pada kelas eksperimen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Nugraha, Sobron., Titik Sudiatmi., M. S. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, vol 1.

Adim, M., Sri, E., Herawati, B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 6–12.

Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Azian, N. (2022). Implementasi Penilaian dan Pengawasan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(02), 85–94. https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.527

Darmayoga, I. W. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Experiental Learning Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.55115/edukasi.v4i1.3019

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pusaka Ilmu.

Herlina, L. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dan Kreativitas Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Di Sdn 147 Kota Jambi. Pesona Dasar, 7(2), 38 – 49.

Irmaningrum, R. N., & Khasanah, L. A. I. U. (2021). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tanggap : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 50–63. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.272

Masyud, M. S. (2014). Manajemen Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta.

Munirah. (2018). Peranan Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 111–127. https://doi.org/10.26618/jtw.v3i02.1597

Panjaitan, D. J. (2018). Peningkatan Pemahaman dan Aplikasi Konsep Melalui Pendekatan Cpntextual Teaching and Learning. Jurnal Math Education Nusantara, 1.

Putra, R. E., & Apdoludin. (2022). Model dan Metode Pembelajaran (Andriyanto (ed.)). Klaten: Penerbit Lakeisha.

Sihombing, E. A. D., Panjaitan, M., & Thesalonika, E. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 3400–3404. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Su’udiah, F., Degeng, N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontektual. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744–1748.

Suardika, I. P. (2023). Edukasi : Jurnal Pendidikan Dasar Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. 4(1), 110–115.

Sunarsih, W. (2020). Pembelajaran CTL (Contextual Teach and Learning), Belajar Menulis Berita Lebih Mudah. Indramayu: Penerbit Adab.

Tiwery, B. (2019). Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran dalam Penerapan Pembelajaran HOTS (T. M. Publishing (ed.); 1st ed.). Malang: Media Nusa Creative.

Utami, N. T. (2023). Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Media Flashcard. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 6(01), 43–52. https://doi.org/10.46963/mash.v6i01.692

Widyaiswara, G. P., Parmiti, D. P., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Berpikir Kritis. International Journal of Elementary Education, 3(4), 972–978. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i3.462

Wulandari, I., & Oktaviani, N. M. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran Untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(8) 1-9.

Downloads

Published

2023-12-31