PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Asmaul Khusnah University of Muhammadiyah Lamongan
  • Linaria Arofatul Ilmi U.K PGSD FSTP Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Rizka Novi Irmaningrum PGSD FSTP Universitas Muhammadiyah Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12894

Keywords:

Kata Kunci: Kemampuan Literasi 1, Media Pembelajaran 2, Big Book 3

Abstract

ABSTRACT The research objective of this study was to improve the literacy skills of 1st grade students at SD Negeri Moropelang in Indonesian chapter 8 by using Big Book media. The research method used in this study was Classroom Action Research (CAR) through four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting, which in this study consisted of two cycles in each cycle there were two meetings. The research subjects used were grade 1 students and grade 1 teachers at SD Negeri Moropelang. The increase in students' literacy skills was measured through reading tests on reading texts that had been provided by the research, as well as LKPD which would later be used to determine students' writing abilities. The results of the research showed that prior to the action the students' literacy skills were only 25%, then in the first cycle the students' literacy skills increased by 50% and in the second cycle by 87%. Thus the results of the study indicate that the use of Big Book media can improve students' literacy skills in the learning process. Keywords: Literacy Ability 1, Learning Media 2, Big Book 3 ABSTRAK Tujuan penelitian dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas 1 SD Negeri Moropelang dalam mata pelajaran bahasa Indonesia bab 8 dengan menggunakan media Big Book. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang mana pada penelitian ini terdiri dari dua siklus disetiap siklus terdapat dua pertemuan. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 1 dan guru kelas 1 SD Negeri Moropelang. Peningkatan kemampuan literasi siswa diukur melalui tes membaca pada teks bacaan yang telah disediakan oleh penelitian, serta LKPD yang nantinya digunakan untuk mengetahui kemampuan menulis siswa. Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukannya tindakan kemampuan literasi siswa hanya sebesar 25%, kemudian pada siklus I kemampuan literasi siswa meningkat sebesar 50% dan siklus II sebesar 87%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Literasi 1, Media Pembelajaran 2, Big Book 3

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Buku :

Mustafa, hamid abi, Rahmi, R., Marul, J., & Janner, S. (2020). Media Pembelajaran (L. Toni (ed.)). Medan: Yayasan Kita Menulis.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Dwita, Y. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Bayumedia Publishing

Uswatun, K., Mohammad, suparman atwi, & Basuki, W. (2022). Model Pembelajaran Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Menggunakan Big Book. Jakarta: Kencana.

Jurnal :

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Fitriani, Yani dan Azis, I. A. (2019). Literasi Era Revolusi Industi 4.0. 3(1), 100.

Irmaningrum, R. N., & Khasanah, L. A. I. U. (2021). Pengaruh Media Video Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Sekolah Dasar. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 50–63. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i1.272.

Khasanah, L. A. I. U., MZ, A. S. A., & Irmaningrum, R. N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Flipchart Terhadap Hasil Belajar Menulis Surat Resmi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 125–130. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.141.

Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca melalui Media Big Book pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian Lumajang. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 2(1), 60. https://doi.org/10.36835/bidayatuna.v2i1.361.

Nurhana, G., Soleh, D. R., & Winarsih, E. (2020). Interferensi Bahasa Indonesia Pada Acara “My Trip My Adventure” Di Trans Tv Edisi Bulan Maret Tahun 2019 (Kajian Sosiolinguistik). Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(01), 31. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v8i01.676

Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Pendidilkan Dan Pembelajaran, 8(1), 49-60. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/Tarbiyawat/article/view/3208

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Zakiyyah, D., Suswandari, & Meidawati Khayati, N. (2022). Penerapan Ice Breaking Pada Proses Belajar Guan Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Sugihan 03. Journal of Educational Learning and Innovation, 2(1), 73–85. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1

Downloads

Published

2024-03-14